For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Inilah Empat Negara dengan Militer Terkuat di Eropa

Sejarah telah mencatat, Eropa menjadi wilayah yang dihuni oleh negara-negara dengan kekuatan militer besar. Negara-negara Eropa telah mendominasi planet ini dan perang besar di dunia selalu melibatkan kekuatan di Benua Biru ini.

Tapi setelah dua perang dunia paling destruktif yakni Perang Dunia I dan II berakhir, sebagian besar negara tidak bisa bersaing dengan Amerika Serikat dan Uni Soviet, yang muncul sebagai negara adidaya setelah Perang Dunia Kedua. Kemampuan militer sebagian besar negara Eropa mulai terkikis.

Namun begitu tetap saja masih ada sejumlah negara  yang memiliki kekuatan mematikan. Dan ini adalah lima negara yang memiliki kekuatan militer paling mematikan tersebut.

kapal selam rusia101. Rusia

Rusia tetap kekuatan militer paling kuat di Eropa meskipun pasukan militer dan basis industri hampir tidak berkembang sejak runtuhnya Uni Soviet. Meskipun demikian, didukung oleh senjata nuklir yang sangat tangguh, negara tetap kekuatan yang signifikan.

Kunci kekuatan militer Rusia adalah senjata nuklirnya, yang sejauh ini hanya bisa disaingi oleh Amerika Serikat. Negara ini mempertahankan ribuan hulu ledak nuklir strategis yang secara default membuat Rusia salah satu kekuatan yang paling signifikan di Bumi.

Pasukan konvensional Rusia memang tidak sekuat era Soviet yang mempertahankan jumlah pasukan dalam jumlah sangat besar dan lengkap. Sementara Rusia  karena tidak memiliki banyak anggaran banyak mengurangi postur personelnya.

Meskipun demikian, Rusia adalah satu-satunya kekuatan Eropa yang mempertahankan kemampuan untuk mengembangkan perangkat keras sendiri mulai dari kapal selam nuklir, rudal balistik dan jelajah, tank, pesawat tempur, mesin jet, meluncurkan satelit tanpa bantuan luar meski kualitas peralatan kadang bukan yang terbaik.

Hal utama lainnya dari kekuatan Rusia adalah bahwa pasukannya relatif terlatih baik dan masih terbesar dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Namun, sementara beberapa pasukan Rusia modern dan terlatih, banyak militer negara itu terdiri dari wajib militer menggunakan perangkat keras Soviet yang sudah ketinggalan jaman.

Opération CHAMMAL - Ravitaillement au profit de la coalition de

2. Prancis

Prancis mempertahankan posisinya sebagai salah satu kekuatan militer yang paling mampu di Eropa. Tidak seperti Inggris, Prancis mempertahankan penangkal nuklir yang benar-benar independen dan basis industri yang independen.

Memiliki kapal selam buatan sendiri yang mampu membawa rudal balistik dan dipersenjatai dengan hulu ledak Prancis. Negara ini juga mempertahankan penangkal nuklir berbasis udara dan darat sendiri yang menggunakan bahasa Prancis dengan merancang pembom Mirage 2000N dan rudal ASMP.

Prancis juga mempertahankan kekuatan militer konvensional tangguh terdiri dari 215.000 tentara. Tentara Perancis dilengkapi dengan tank tempur utama LeClerc dan helikopter Tiger. Sementara itu, pasukan khusus Prancis telah menunjukkan bukti ketika melakukan misi di Afghanistan dan Mali.

Angkatan Laut Prancis yang memiliki kapal induk bertenaga nuklir buatan sendiri lebih besar dan bisa dibilang lebih mampu dibandingkan Inggris.  Kapal induk menjadi basis jet tempur Rafale dan Etendard Super. Angkatan Laut Prancis juga mempertahankan enam kapal selam serangan, tiga kapal serbu amfibi dan 21 kapal serang permukaan.

Angkatan udara Prancis mempertahankan kekuatan 220 pesawat tempur termasuk Rafale dan Mirage 2000. Negara ini juga mempertahankan kekuatan empat pesawat AWACS dan 14 kapal tanker bersama dengan armada transportasi taktis.

NEXT
Facebook Comments