For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Swedia Yakin Gripen Bisa Bunuh Flanker, Bisa Jadi, Typhoon Saja Pernah Dipermalukan 

Saab Gripen C/D

 

Pilot Gripen tidak ingin menunjukkan kartu mereka dengan menunjukkan kekuatan penuh dalam pelatihan jet. Tetapi satu kali mereka melakukannya, itu benar-benar membalikkan jalannya simulasi pertempuran dalam pelatihan.

“Beberapa tahun yang lalu pilot Gripen bosan diolok-olok oleh pilot Typhoon Jerman dan datang untuk bermain dengan perang elektronik dan memberi mereka kesulitan,” kata Bronk. Salah satu Gripen dilaporkan dapat muncul di sayap kiri Typhoon tanpa terdeteksi dengan menggunakan kemampuan gangguan yang “sangat disegani”, kata Bronk.

“Akan adil untuk menganggap Gripen adalah salah satu jet tempur elektronik paling mampu di luar sana,” katanya.

Saab berencana untuk memperbarui perangkat lunak pada Gripen E setiap dua tahun, memberikannya lebih banyak fleksibilitas untuk memenuhi tantangan yang berkembang. Tetapi Bronk mencatat satu masalah dengan perang elektronik.

“Masalah dengan mendasarkan strategi bertahan hidup di sekitar rangkaian peperangan elektronik adalah Anda tidak benar-benar tahu apakah itu akan berhasil,” katanya.

“Bahkan jika itu terjadi, itu akan menjadi pertempuran terus-menerus antara musuhmu dan dirimu” untuk mendapatkan keunggulan pada jet tempur musuh saat bentuk gelombang dan metode serangan terus berubah.

Namun, Swedia mendapat manfaat dari fokus Rusia pada jet tempur Amerika. Jika perang pecah antara Rusia dan Barat, Rusia kemungkinan akan berusaha sekuat tenaga untuk menekan kembali perang elektronik Amerika, daripada melawan Gripen E Swedia, yang jumlahnya hanya beberapa lusin.

“Seluruh konsep Gripen E adalah untuk beroperasi di wilayah Swedia, mengambil keuntungan dari semua jenis medan yang tidak rata di bawah naungan rudal darat ke udara yang ramah dengan rangkaian EW yang luar biasa yang secara teori seharusnya tetap aman dari mayoritas rudal dan ancaman udara ke udara Rusia, ”kata Bronk.

Selain itu, Gripen E dapat menembakkan hampir semua rudal yang dibuat di Amerika atau Eropa. “Jika Anda memasangkan radar yang sangat efektif dengan EW dan Meteor yang sangat baik, rudal udara ke udara jarak jauh paling efektif yang tahan terhadap jammers [Rusia], “Kata Bronk. “Jika Anda seorang pilot flanker, itu mungkin hal yang sangat menakutkan untuk dihadapi.”

 

 

Facebook Comments