For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kecil Tapi Mematikan, Inilah 5 Frigat Terbaik di Dunia

Admiral Gorshkov

Hampir semua angkatan laut modern mengoperasikan kapal frigat. Salah satu alasannya kapal-kapal ini lebih kecil dan lebih murah untuk dibangun serta dipelihara daripada kapal penjelajah dan kapal perusak.

Hal ini menjadikan frigat sebagai combatan paling banyak  dan merupakan tulang punggung bagi sebagian besar angkatan laut di seluruh dunia. Kapal-kapal ini biasanya digunakan di samping kapal perang yang lebih besar, seperti kapal perusak dan kapal induk.

Kali ini kita akan melihat lima frigat terbaik di dunia dengan didasarkan pada gabungan dari kemampuan senjata, ofensif dan defensif, ukuran, bobot perpindahan, sensor, dan beberapa fitur lainnya.

Inilah 5 frigat terbaik di dunia

Admiral Gorshkov

1. Kelas Admiral Gorshkov (Rusia)

Admiral Gorshkov adalah frigat multi peran. Ini adalah penerus kelas Burevestnik (barat menyebutnya dengan Kelas Krivak). Beberapa kapal telah masuk layanan dan dibangun sementara yang lain dalam perencanaan.

Angkatan Laut Rusia memiliki persyaratan untuk 20-30 kapal fregat tersebut untuk mengganti sepenuhnya kapal frigat Krivak yang masih ada dan kapal perusak kelas Sovremenny. Ini akan menjadi armada andalan Rusia masa depan dan juga untuk ekspor.

Kelas Admiral Gorshkov dirancang untuk melakukan banyak peran, seperti melakukan serangan jarak jauh terhadap target dan kapal permukaan,  perang anti-kapal selam,  misi pendamping dan dikerahkan dalam berbagai situasi yang tidak dapat dilakukan oleh kelas frigat umum.

Dalam beberapa kasus, frigat multi peran semacam itu bahkan bisa menggantikan peran kapal perusak yang lebih besar. Sementara banyak frigat lainnya difokuskan pada tugas tertentu, seperti perang anti-udara, atau perang anti-kapal selam.

Kelas frigat rudal dipandu ini menggabungkan senjata dan sensor terbaik yang dapat dihasilkan industri Rusia. Kelas Admiral Gorshkov dilengkapi dengan 16-cell Vertical Launch System (VLS) untuk campuran rudal jelajah darat Kalibr-NK (kisaran 2.500 km), rudal anti-kapal P-800 Oniks (jarak 300-500 km) dan rudal anti-kapal selam 91RTE2 (sejauh 50 km).

Ada lagi 32 cell VLS untuk rudal pertahanan jarak menengah yang  menggunakan rudal pencegat yang sama seperti sistem pertahanan udara  S-400 dengan jangkauan 40 hingga 120 km.

Kemampuan anti-kapal selam / anti-kapal permukaan lebih lanjut disediakan melalui dua peluncur torpedo 330-mm untuk torpedo Paket-NK. Ini bisa melibatkan kapal selam musuh,  torpedo yang menyerang, sehingga melayani peran ganda.

Ada meriam 130-mm A-192M. Pertahanan terakhir disediakan oleh dua Palash Close-In Weapon Systems (CIWS), dipasang di bagian belakang. Sistem pertahanan ini dilengkapi dengan senapan Gatling 30 mm  dan 8 rudal permukaan ke udara (SAM) jarak pendek.

Frigat kelas Admiral Gorshkov dapat mengakomodasi satu helikopter Kamov Ka-27, atau helikopter angkatan laut yang serupa.

NEXT
Facebook Comments