For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Awalnya Dicela, 5 Senjata Amerika Ini Membuktikan Diri Sebagai Yang Terbaik

Banyak program senjata Amerika yang diberi julukan “boondoggle” atau pemborosan besar-besaran uang rakyat. Kondisi ini biasanya diikuti desakan agar program lebih baik dibatalkan. Program senjata yang mahal juga kerap menjadi bahan olok-olokan dan kritik kejam banyak pihak. Terakhir program F-35 juga disebut sebagai program pemborosan dan hasilnya tidak maksimal.

Tetapi sejarah kemudian membuktikan banyak senjata yang awalnya dikritik dan didesak untuk dihancurkan akhirnya membuktikan dirinya sebagai senjata yang sulit dicari lawannya.

Berikut lima senjata Amerika yang awalnya dikecam karena mahal tetapi akhirnya menjadi senjata andalan Amerika.

M1 Abrams

Main Battle Tank M1 Abrams

M1 Abrams dikenal sebagai program yang gagal dan mahal di masa-masa awalnya.  Abram menjadi pewaris dua program tank yang gagal, MBT-70, dan XM803. Kedua program menghabiskan biaya miliaran tetapi gagal menghasilkan senjata yang cocok, sebagian besar karena terlalu rumit dan tidak berfungsi. Jadi, ketika Angkatan Darat mengejar tank bertenaga turbin dengan program XM1, ada banyak penentang.

Dan prototipe awal membuat ejekan sinis terus berlanjut. Abrams sangat besar dan berat serta boros bahan bakar, dan banyak yang yakin Angkatan Darat Amerika telah membuat langkah yang salah lagi. Tetapi kemudian Abrams pergi ke permainan perang pertamanya dan menghancurkan tank yang lebih konvensional.

Kemudian Operasi Badai Gurun datang dan 2.000 tank Abrams menghantam pasukan Irak dengan hanya 18 tank rusak dan nol kru hilang.

F-15 Eagle

F-15 adalah tanggapan terhadap Perang Udara di Vietnam di mana F-4 berjuang melawan MiG yang lebih tua. Angkatan Udara memutuskan bahwa mereka membutuhkan jet tempur superioritas udara yang berdedikasi. Tetapi program itu mahal hingga pers dan Kongres mengatakan USAF membeli terlalu banyak pesawat yang terlalu mahal dan terlalu rumit dan lebih baik membeli F-14 Angkatan Laut saja.

Tetapi F-15 memiliki sejarah pertempuran legendaris dengan 104 kali membunuh lawan dengan hanya dua kerugian pertempuran dan keduanya terjadi di darat. Tidak ada kekuatan musuh yang mampu membuktikan kemenangan udara ke- atas F-15 meskipun beberapa mengklaimnya.

NEXT
Facebook Comments