For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Jerman Hibahkan Jet Tempur Tornado ke Amerika

Jet tempur Tornado yang dihibahkan Jerman ke Amerika/ New Mexico Museum of Space History

Angkatan Udara Jerman menghibahkan sebuah pesawat tempur Panavia Tornado ke Amerika. Namun  pengiriman pesawat ini akan sangat ribet.

Tentu saja tidak untuk diterbangkan, tetapi untuk dijadikan koleksi di Museum Sejarah Luar Angkasa atau Museum of Space History yang ada di New Mexico, negara bagian Amerika Serikat.

Pesawat tempur mesin ganda dijadwalkan untuk dipajang secara permanen di area museum yang ada di Alamogordo. Selama beberapa tahun terakhir, pesawat tersebut telah ditempatkan di depan markas Angkatan Udara Jerman di Pangkalan Angkatan Udara Holloman.

Pengiriman pesawat rencananya akan mulai dilakukan pada 12 Januari 2018, dengan membawa pesawat dari Holloman ke Otero County Fairgrounds sebelum kemudian dibawa ke museum.

“Memindahkan Tornado telah memberi tim kami serangkaian tantangan yang sangat unik,” kata Direktur Eksekutif Museum Chris Orwoll kepada Alamogordo Daily News dan dikutip Stars and Stripes Minggu 6 Januari 2018.

Pesawat terlalu besar untuk melewati gerbang utama atau gerbang barat di Holloman. Sehingga pesawat akan dibawa melalui gerbang La Luz dan dibawa ke Amerika kemudian melanjutkan ke selatan ke Alamogordo.

Johnny Powell, Direktur Eksekutif International Space Hall of Fame Foundation, telah mengoordinasikan detail langkah tersebut, yang melibatkan kerja sama dari 17 agensi dan bisnis yang berbeda.

“Dari Angkatan Udara Jerman dan Holloman, hingga agen kota, negara bagian  bersama dengan perusahaan  dan berbagai kontraktor yang berbeda, semua orang berusaha membantu,” kata Powell.

Pesawat sepanjang 56 kaki itu akan ditarik perlahan melintasi pangkalan udara. Di Gerbang La Luz, jalur landai khusus akan dibangun melintasi trotoar dengan setidaknya satu tiang lampu akan dirobohkan dan pesawat harus berjalan zig zag di antara saluran listrik, barikade, dan pagar.

Setelah bebas dari gerbang, konvoi akan berlanjut di sepanjang La Luz Road, dengan perusahaan listrik membersihkan jalan di depan. Beberapa pemadaman listrik sementara kemungkinan dilakukan karena beberapa saluran listrik dicabut dan yang lainnya terputus sehingga pesawat dapat melewatinya.

Para pejabat mengatakan pesawat itu akan menjadi salah satu dari tiga Panavia Tornado yang dipajang di Amerika Serikat. Dua lainnya berada di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat di Pangkalan Angkatan Udara Wright Patterson di Ohio dan di Pima Air and Space Museum di Tucson, Arizona.

Facebook Comments

error: Content is protected !!