For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Apakah Kekuatan Kapal Selam Rusia Memang Sudah Menakutkan?

Kapal Selam Kelas Kilo
Kapal Selam Kelas Kilo
BARU BANGUN DARI KOMA

Namun sebenarnya kekuatan Rusia belumlah sebesar yang ditakutkan banyak orang. Armada mereka masih jauh di bawah Soviet yang memiliki ratusan kapal selam.

Kesiapan operasional kapal selam mereka juga belum sepenuhnya baik. Hanya setengah kekuatan yang diyakini bisa dimasukkan ke laut dalam waktu bersamaan untuk menggelar operasi.

Banyak kapal selam yang masih membutuhkan modernisasi. Desain baru seperti kelas Yasen yang sering dipuji baik oleh Rusia ataupun Amerika sebenarnya juga tidak lepas dari sejumlah masalah hingga mengalami penundaan dalam uji laut.

Sedangkan jadwal pembangunan SSBN baru kedua dan SSN juga mengalami penundaan. Ditambah dengan situasi ekonomi Rusia yang juga sangat tidak baik menjadikan keberlanjutan program ini juga bisa terganggu.

Rusia juga belum mengembangkan propulsi udara independen untuk kapal selam konvensional yang menjadi standar penting bagi kapal selam diesel listrik. Sistem ini menjadikan kapal selam bisa berada di dalam laut lebih lama.

Berkat rudal Kalibr, kekuatan kapal selam memang telah banyak meningkatkan kemampuan serangan darat, untuk mengimbangi kemampuan kapal selam Amerika yang selama ini menggunakan rudal Tomahawk. Namun jumlah kapal selam dengan kemampuan ini juga masih di bawah jumlah Amerika.

Tingkat operasi kekuatan kapal selam Rusia mungkin telah meningkat secara signifikan. Tetapi jumlahnya akan sangat mengesankan memang  jika dibandingkan dengan awal tahun 2000-an karena pada saat itu hampir tidak ada operasi kapal selam Rusia.

Tetapi jika dibandingkan dengan aktivitas mereka di Era Perang Dingin, hampir bisa dipastikan masih sangat jauh di bawah. Kapal selam Rusia adalah kekuatan yang baru keluar dari situasi koma.

Memang bisa menjadi tantangan tradisional untuk NATO di Mediterania dan Atlantik Utara, tetapi masih sangat kecil dibandingkan dengan operasi kapal selam Soviet selama Perang Dingin.

Tentu saja, mengingat kekuatan Angkatan Laut Amerika dan Eropa yang terus berkurang, ditambah kesenjangan teknologi yang semakin tertutup, kekuatan kecil Rusia ini bisa menimbulkan masalah dalam hal melacak mereka. Para pejabat militer AS memang berhak untuk khawatir dalam konteks konfrontasi saat ini dengan Rusia dan hubungan tidak stabil.

Pada akhirnya, kekuatan kapal selam Rusia adalah salah satu elemen yang sedang dalam proses pemulihan dari kekuatan militer Moskow secara keseluruhan. Apakah Rusia akan mampu mempertahankan tingkat operasi sekarang seperti sekarang ini atau meningkatkannya masih sangat banyak mengundang pertanyaan.

Facebook Comments