Pulau-Pulau Paling Diperebutkan di Dunia

calero-island

Pulau Calero

Klaim oleh Nikaragua dan Kosta Rika. Nikaragua dan Kosta Rika telah berselisih kepemilikan Calero Pulau selama dua abad, tapi itu secara luas dianggap sebagai bagian dari Kosta Rika. Pada bulan November 2010 Nikaragua mulai pengerukan sekitar Calero berdasarkan perbatasan ditemukan di Google Maps, yang keliru berlabel Calero Pulau sebagai bagian dari Nikaragua. Nikaragua telah menolak untuk menarik pasukan dari tanah sengketa meskipun mengakui bahwa itu menduduki wilayah hanya karena kesalahan oleh Google Maps.

Pada bulan Maret 2011 Mahkamah Internasional Keadilan sementara memutuskan bahwa kedua negara harus menahan diri dari menjaga warga sipil, aparat keamanan atau polisi di pulau, tapi itu Kosta Rika dapat mengirim tim sipil yang bersangkutan dengan masalah lingkungan.

Sejak itu pulau terus berada di pusat meningkatnya ketegangan antara kedua negara Amerika Tengah, dengan tuduhan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Sekarang Nikaragua dan Kosta Rika kembali di Mahkamah Internasional setelah Kosta Rika menuduh Nikaragua memiliki “dampak lingkungan raksasa” dari San Juan River, yang membentang di sepanjang sisi utara pulau, dari pengerukan itu dilakukan kembali 2010.

dokodo

Liancourt Rocks

Klaim oleh Jepang dan Korea Selatan. Liancourt Rocks, yang dikenal sebagai Dokdo (pulau soliter ) di Korea dan Takeshima (pulau bambu) dalam bahasa Jepang, terdiri dari dua pulau utama dan 35 batu kecil di Laut Jepang.

Pada tanggal 14 April 2015, dua pertahanan dan keamanan atas pejabat dari Korea Selatan dan Jepang bertemu untuk tingkat tinggi pertama “dua-plus-dua” pembicaraan keamanan di lebih dari lima tahun, menurut Diplomat. Langkah ini dimaksudkan untuk menyambut sebuah pengurangan ketegangan antara negara-negara, tetapi pembicaraan dilaporkan memburuk ketika Jepang lagi menegaskan klaimnya atas Liancourt Rocks.

Kedua negara mengklaim pulau dari beberapa ratus tahun yang lalu. Menariknya, Korea Utara mendukung klaim Korea Selatan, meskipun masih secara teknis berada dalam perang dengan mereka.

greater-and-lesser-tunbs-and-abu-musa

Greater dan Lesser Tunbs dan Abu Musa

Diklaim Iran dan Uni Emirat Arab (UEA). Greater and Lesser Tunbs and Abu Musa adalah dua pulau kecil di Selat Hormuz yang telah diklaim oleh Persia dan Arab selama berabad-abad. Saat ini pulau yang dihuni kebanyakan oleh militer Iran.

Pada bulan April 2012, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi pulau Abu Musa, menjadi kepala Iran negara pertama yang melakukannya sejak Teheran mengambil alih pulau 41 tahun yang lalu. UEA kemudian menarik duta besarnya dari Teheran untuk konsultasi dan membatalkan pertandingan sepak bola persahabatan dengan Iran.

Pada KTT Liga Arab Maret 2015, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham menegaskan kembali kedaulatan Iran atas pulau-pulau, mengatakan, “pulau-pulau ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Iran.”

kuril-islands

Kepulauan Kuril

Klaim oleh Jepang dan Rusia. Rusia dan Jepang sepakat pada 1855 bahwa Jepang memiliki pulau Etorofu dan Kunashiri. Tapi Rusia menyerbu pulau pada tahun 1945 dan mengusir penduduk Jepang.

Pasukan Rusia kemudian memasukan pulau itu sebagai wilayahnya, meskipun kedaulatan klaim oleh Jepang, yang menyebut mereka Wilayah Utara. Pada tahun 1951 Perjanjian Perdamaian San Francisco ditetapkan bahwa Jepang harus menyerah semua klaim ke pulau-pulau, tetapi tidak secara eksplisit mengakui klaim Uni Soviet. Jepang berpendapat bahwa beberapa pulau-pulau yang bukan bagian dari Kepulauan Kuril sehingga mereka tidak tercakup oleh perjanjian.

Pada tahun 2006, sebuah kapal patroli Rusia menembaki sebuah kapal nelayan Jepang menemukan secara ilegal di lepas pantai pulau-pulau yang disengketakan setelah kapal menentang beberapa perintah untuk menyerah. Salah satu nelayan Jepang tewas dalam perkelahian tersebut.

Pada bulan Februari 2015, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersumpah untuk merebut kembali pulau-pulau dari kontrol Rusia.

falkland-islands

Kepulauan Falkland

Klaim oleh Inggris dan Argentina. Kepulauan Falkland terdiri East Falkland, West Falkland, dan 776 pulau-pulau kecil. Ibukota dan satunya kota adalah Stanley (populasi: 2.115) pada East Falkland.

Pulau-pulau yang berpemerintahan sendiri, tetapi kepulauan itu adalah wilayah Inggris, yang bertanggung jawab untuk pertahanan dan urusan luar negeri. Portugal, Spanyol, dan Inggris semua mengklaim telah menemukan pulau di abad ke-16; telah ada pemukiman Prancis, Inggris, Spanyol, dan Argentina.

Inggris mendirikan kontrol pada 1833 dan Argentina telah membantah klaim tersebut sejak, berhasil menyerang pulau-pulau selama dua bulan pada tahun 1982 dalam apa yang secara tidak resmi dikenal sebagai Perang Falklands.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan bahwa Inggris berencana untuk menambah kekuatan pertahanan pulau. Argentina juga telah meningkatkan kampanye untuk mendapatkan apa yang mereka sebut “Las Malvinas”.

imia-greecekardak-turkey-island

Imia / Kardak

Diklaim oleh Yunani dan Turki Imia / Kardak adalah sepasang pulau kecil tak berpenghuni di Laut Aegean yang ada di antara rantai pulau Yunani dan pantai barat Turki. Pada tanggal 27 Desember 1995, Kementerian Luar Negeri Turki secara resmi menyatakan pulau wilayah Turki. Bulan berikutnya, kapal perang dari kedua Turki dan Yunani berlayar ke pulau sebagai pasukan khusus dari Yunani mendarat di pulau timur dan pasukan khusus dari Turki mendarat di pulau barat, baik terdeteksi, menaikkan bendera masing-masing.

NEXT
Facebook Comments

error: Content is protected !!