Pulau-Pulau Paling Diperebutkan di Dunia

Pulau Swains/ Academic Dictionaries and Encyclopedias

Sengketa pulau masih mendominasi konflik antar negara. Banyak pulau-pulau terpencil tanpa berpenghuni kemudian diklaim banyak negara dan menjadi sumber masalah. Beberapa pulau dalam situasi tegang, beberapa lagi sudah memunculkan perang. Dan berikut 18 Pulau yang paling dikonflikkan di dunia

hand

Pulau Hans

Kanada dan Denmark sedang mondar-mandir di atas sebuah pulau kecil di Selat Kennedy, yang memisahkan Kanada Ellsmere Pulau dari Greenland. Sengketa ini muncul tahun 1980-an ketika Kanada dan Denmark melancarkan “Pertempuran Botol,” di mana angkatan laut Kanada dan Denmark akan mengunjungi pulau dan meninggalkan botol Canadian Club wiski dan Akvavit, minuman keras Skandinavia, untuk menandai mereka wilayah.

Hal menggenjot produksinya di awal 2000-an ketika armada Denmark turun di pulau dan ditanam bendera di tanah, sebuah langkah yang membuat marah Kanada. Pada bulan Juli 2005, Kanada menanggapi dengan “Latihan Frozen Beaver,” di mana mereka mendirikan bendera 12-kaki. Hingga kemudian ada pernyataan penyelesaian sengketa akan dilakukan dalam pembicaraan.

senkaku-japandiaoyu-china-islands

Senkaku/Diaoyu

Diklaim oleh Jepang, China, dan Taiwan Pemerintah Jepang telah mengendalikan Senkaku sejak resmi mendudukui pulau pada tahun 1895. Tetapi China mengklaim adanya bukti pulau tersebut ada di bawah China sejak abad ke-14. Pulau-pulau yang tidak berpenghuni (satu digunakan oleh militer AS untuk latihan) tapi dikelilingi oleh lahan perikanan yang kaya.

Pada tahun 2010 sebuah kapal nelayan China dan kapal penjaga pantai Jepang bertabrakan di dekat pulau-pulau, berangkat pertikaian diplomatik yang serius di mana Beijing sementara membeku perdagangan dan pembicaraan tingkat menteri.

Sejak itu pulau ini telah menjadi pusat dari meningkatnya ketegangan antara dua negara tersebut.

paracel-islands

Kepulauan Paracel

Diklaim oleh China, Taiwan dan Vietnam. Pulau-pulau Paracel adalah kelompok lebih dari 30 pulau, gumuk pasir, dan terumbu yang memiliki jarak sama sama ke Cina dan Vietnam. Mereka dihuni oleh kura-kura serta sejumlah kecil pasukan Cina.

Salah satu dari beberapa perselisihan di Laut Cina Selatan, bagian dari Kepulauan Paracel dikendalikan oleh China dan Vietnam Selatan sebelum ketegangan mendidih pada tahun 1974 dan konflik mengakibatkan 71 tentara yang tewas. Cina telah menguasai semua pulau sejak itu tapi Vietnam membantah klaim tersebut. China juga membangun lapangan terbang militer di Kepulauan Paracel.

scarborough-shoal

Scarborough Shoal

Diklaim China, Taiwan, dan Filipina. Sebuah rantai pulau berbentuk segitiga terumbu dan batu terletak sekitar 140 mil timur Filipina (dan 400 mil barat daya China) di daerah yang kaya ikan. China dan Taiwan mengklaim bahwa orang-orang Cina menemukan kelompok pulau ini abad lalu dan ada sejarah panjang aktivitas nelayan China di daerah ini.

Filipina mengklaim mereka telah menduduki pulau sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1898 dan karena itu memiliki hak hukum untuk kawanan berdasarkan kriteria dalam metode halal akuisisi kedaulatan.

Ketegangan memuncak pada bulan April 2012 ketika sebuah pesawat pengintai Filipina melihat delapan kapal nelayan China merapat di lepas pantai dengan membawa secara ilegal, kerang raksasa, dan hiu hidup onboard. Ketika Filipina Angkatan Laut berusaha menangkap nelayan mereka diblokir oleh Cina Maritim Surveillance.

Kedua belah pihak kemudian memiliki kebuntuan sampai AS membantu menengahi kesepakatan bagi kedua belah pihak untuk menghapus pasukan mereka dari pulau itu sampai kesepakatan atas kepemilikannya bisa ditetapkan.

spratly-islands

Kepulauan Spratly

Diklaim oleh Vietnam, Cina, Taiwan, Malaysia dan Filipina. Kontak pertama dengan Kepulauan Spratly mungkin awak 600 SM, ketika orang-orang bermigrasi di Laut Cina Selatan. Sekitar abad ke-17, Cina dan Vietnam memetakan dan membuat klaim ke pulau-pulau, sama sekali tidak menyadari bahwa yang lain telah melakukan hal yang sama.

Aba Island adalah satu-satunya pulau ditempati dan satu-satunya yang memiliki pasokan air tawar – diklaim sebagai bagian dari Indochina Prancis pada tahun 1887, berubah menjadi pangkalan kapal selam oleh Jepang selama Perang Dunia II, dan ditempatkan di bawah administrasi Taiwan pada tahun 1946.

Aba tidak memiliki penduduk jangka panjang tetapi juga diklaim oleh China, Filipina, dan Vietnam karena lahan perikanan yang kaya dan cadangan potensial yang signifikan dari minyak dan gas alam.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Cina telah serius menggenjot upaya untuk mendirikan pangkalan militer di pulau-pulau yang disengketakan.

chagos-islands

Kepulauan Chagos

Klaim oleh Inggris dan Mauritius. Kepulauan Chagos adalah kelompok terpencil yang terdiri lebih dari 60 pulau tropis di Samudera Hindia.

Daratan terdekat adalah Maladewa ke arah utara. Pulau-pulau telah menjadi bagian dari negara pulau Afrika Mauritus sampai abad ke-18 ketika pemukim Prancis mulai berdatangan. Pada tahun 1810, Perancis menyerahkan pulau untuk Inggris dan pada tahun 1965 Inggris membagi Chagos Archipelago jauh dari Mauritius untuk membentuk Teritorial Britania di Samudra Hindia.

Pada tahun 1971 Inggris menyewakan bagian dari pulau Diego Garcia ke Amerika Serikat untuk membangun sebuah pangkalan militer dan mengusir Chagossians asli yang tinggal di pulau. Hari ini, Diego Garcia adalah satu-satunya pulau di kepulauan Chagos yang dihuni.

NEXT
Facebook Comments

error: Content is protected !!