For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kelas Iowa, Raksasa Ini Tidak Pernah Bisa Tidur Lelap

Kapal Kelas Iowa
Kapal Kelas Iowa

Sampai sekarang kemampuan tembak angkatan laut masih sangat penting. Bahkan ketika drone dan rudal presisi jarak jauh telah begitu mendominasi, beberapa kali pergerakan kapal besar  diperlukan. Hal ini menjadikan sekilas kelas Iowa sepertinya masih punya pintu masuk ke layanan lagi.

Empat kapal ini juga terus masih dirawat dengan baik di penyimpanan sehingga setelah lebih dari 60 tahun mereka tetap siap untuk sewaktu-waktu ditarik kembali ke tugas.

Tetapi sebenarnya telah ada kapal perusak kelas Zumwalt akan pergi jauh menjadi kapal perang berkualitas dengan dukungan tembakan angkatan laut untuk Marinir.

Dengan awak yang relatif kecil, siluman dan presisi tinggi, Zumwalts adalah antitesis dari Iowas, tetapi secara fungsional justru menjadi penerus mereka.

Meskipun setiap Zumwalt hanya dapat membawa satu senjata 16 Inci yang diwarisi dari Iowa, kapal baru ini dapat menembakkan peluru yang lebih kecil dengan presisi dibantu GPS hingga 83 mil jauhnya.  Jauh di atas Iowa yang hanya 20 mil.

Desain Zumwalt menjadi sukses,  hingga akhirnya obor kapal perang bisa ditransfer kepada mereka, dan Iowa akhirnya bisa benar-benar terlelap dalam damai sebagai museum, aman dari rencana untuk menghidupkan kembali mereka.

Sumber: National Interest

 

 

 

Facebook Comments