For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kelas Iowa, Raksasa Ini Tidak Pernah Bisa Tidur Lelap

Kapal Kelas Iowa
Kapal Kelas Iowa

Battleship Nuklir

Pada tahun 1958, Angkatan Laut AS mengusulkan untuk merombak kelas Iowa dengan menghilangkan semua senjata 16 inci dan menggantinya dengan rudal anti pesawat dan anti kapal selam.

Kapal juga akan membawa empat rudal jelajah Regulus II, yang masing-masing bisa meratakan sebuah kota dari jarak seribu mil dengan hulu ledak nuklir yang berkekuatan 100 kali lebih kuat dibandingkan bom yang dijatuhkan ke Hiroshima.

Hasilnya akan pasti menjadi kapal perang paling kuat yang pernah ada. Tetapi konsep itu sangat mahal. Dalam proposal ini, 2.000 pelaut akan harus berlayar ke perairan musuh dengan biaya tinggi dengan kapal sepanjang 900 kaki hanya untuk menyerang empat sasaran dengan senjata nuklir.

Padahal sebuah bomber Angkatan Udara bisa menyerang target pada rentang yang lebih jauh dengan kurang dari selusin awak.

Pada saat yang sama, Angkatan Laut telah memasukkan dalam daftar pesanan kapal selam yang mampu membawa rudal balistik Polaris.

Kapal selam rudal yang bisa menyerang target dua kali lebih jauh dibandingkan kapal perang bersenjata Regulus II dan bisa membawa rudal empat kali lebih banyak serta menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air untuk menghindari deteksi. Konsep perang nuklir pun akhirnya mati.

NEXT: AMFIBI BATTLESHIP & BATTLECARRIER
Facebook Comments