For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapan Indonesia Punya? Inilah 10 Destroyer Paling Besar di Dunia

081007-N-9573A-007

3. Kelas DDH-III Sejongdaewang/Sejong the Great Class (DDH-Aegis)

Kelas Sejongdaewang juga dikenal sebagai DDH-III, adalah kelas baru dari tiga kapal perusak berpeluru kendali yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Korea Selatan.

Kapal perang kelas DDH-III adalah kapal terbesar dalam armada Rokn dan merupakan satu-satunya kapal perusak Korea yang membawa sistem tempur Aegis. Setiap kapal memiliki bobot perpindahan beban penuh 10,000t dan dilengkapi 300 awak.

Perusak DDH-III dikembangkan di bawah Program Destroyer Exsperimental Korea (KDX) untuk melaksanakan operasi air biru. Tiga perusak Sejong the Great class dibangun oleh Hyundai Heavy Industries dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering ditugaskan antara tahun 2008 dan 2012.

The Sejong the Great class membawa meriam Mk-45 Mod 4, close-in weapon system (CIWS) Goalkeeper, rudal anti-kapal / anti-pesawat, serta roket dan torpedo anti-kapal selam.

Perusak menawarkan fasilitas pendaratan untuk dua helikopter dan memiliki sistem propulsi combined gas and gas turbine (COGAG) yang dikombinasikan dan memastikan kecepatan maksimum 30kt.

2. Kelas Atago

Bobot perpindahan penuh 10,000t dan membawa 300 kru marinir membuat perusak Kelas Atago milik Angkatan Laut Jepang menjadi salah satu perusak terbesar di dunia.

Kelas Atago merupakan versi lanjutan dari kelas Kongo dengan panjang 165m.

Perusak pertama kelas ini adalah , Atago (DDG-177) yang  ditugaskan pada Maret 2007 dan kapal perang kedua, Ashigara (DDG-178) masuk pelayanan Maret 2008.

Sistem senjata kapal kelas Atago merupakan sistem tempur Aegis, VLS Mk-41, dua meriam 20mm, Mark 45 Mod 4 127mm gun, rudal anti kapal, dan tiga tabung torpedo type 68.

Perusak ini memiliki tempat pendaratan dan hanggar untuk satu helikopter. Sistem propulsi turbin gas memberikan kecepatan maksimum 30kt.

Zumwalt

1. Kelas Zumwalt DDG 1000

Perusak multi misi Kelas Zumwalt DDG 1000 baru-baru ini secara resmi telah masuk ke layanan Angkatan Laut Amerika. Kapal dibangun oleh General Dynamics Bath Iron Works untuk US Navy. Kapal ini menjadi destroyer terbesar di dunia yang pernah dibangun dengan beban perpindahan penuh 15,656t.

Pembangunan kelas Zumwalt dimulai pada bulan Februari 2009. Kapal pertama kelas ini yakni  USS Zumwalt (DDG 1000), diluncurkan pada Oktober 2013.

Setiap kapal kelas Zumwalt memiliki panjang 186m dan lebar 24,5m, dan dapat membwa awak 158.

Kkombatan permukaan canggih dilengkapi dengan fitur siluman dan dapat melakukan operasi pesisir serta anti-udara, anti-kapal selam dan anti permukaan. Bisa berlayar pada berlayar pada kecepatan 30kt.

Kapal dipersenjatai dengan sistem peluncuran vertikal (VLS), 80 sel,  dua senjata canggih 155mm, dan dua Close-In Gun Systems (CIGS) 30mm. Teknologi penting seperti semua sistem daya listrik terintegrasi dan sistem pengendalian kerusakan juga dimasukkan ke dalam kapal.

Fasilitas penerbangan kapal kapal termasuk dek penerbangan besar dan hanggar.

 

Facebook Comments