For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapan Indonesia Punya? Inilah 10 Destroyer Paling Besar di Dunia

HMNZS Atago

Kapal perusak atau destroyer merupakan platform penting bagi setiap angkatan laut di dunia. Sayangnya Indonesia dengan wilayah laut yang begitu luas, justru tidak memiliki kapal jenis ini.

Destroyer akan mengemban banyak fungsi. Tidak sekadar untuk perang antarkapal permukaan, destroyer juga bisa mengemban tugas pertahanan udara, serangan darat, perang anti-kapal selam dan sebagainya.

Karena fungsinya yang cukup banyak, destroyer memiliki ukuran yang relatif besar. Jauh di atas sebuah frigat. Dan berikut 10 destroyer paling besar yang ada di dunia sekarang ini.

type-052d-00

10. Type 052D

Type 052D, versi perbaikan dari Kelas Luyang-II / Type 052C, adalah kapal perusak kelas baru berpeluru kendali yang dibangun oleh galangan kapal Jiangnan Changxing untuk Angkatan Laut China.

Beban perpindahan penuh 7,500t membuat Type 052D menjadi perusak terbesar kesepuluh di dunia. Kapal pertama kelas ini adalah Kunming (172).

Type 052D memiliki panjang 155 meter dan lebar 18m lebar dengan 280 awak. Kapal ini dipersenjatai dengan CIWS, gun single-barrel 130mm, tabung torpedo, dan sistem peluncurran vertikal menyerupai Mk 41 VLS Amerika.

Kapal ini dilengkapi dengan hanggar dan fasilitas untuk helikopter, dan dilengkapi dengan mesin gabungan diesel dan sistem gas dengan dua mesin turbin gas QC-280 dan dua mesin diesel memberikan kecepatan maksimum 30kt.

BALTOPS 2005

9. Project 956 Kelas Sovremenny

Destroyer Project 956 kelas Sovremenny adalah salah satu kapal perusak terbesar milik Angkatan Laut Rusia. Galangan kapal Severnaya Verf membangun total 21 kapal Sovremenny yang sembilan di antaranya ada dalam layanan Angkatan Laut China dan dan Angkatan Laut Rusia.

Kelas Sovremenny memiliki perpindahan standar 6,500t sementara beban perpindahan penuh 7,940t. Kapal terintegrasi dengan berbagai senjata seperti rudal jelajah anti kapal P-270 Moskit, Shtil SAM, empat senjata 130mm, empat Gatling gun AK-630, dua peluncur roket ASW RBU-1000, dan dua tabung torpedo kembar 533mm.

Sovremenny memiliki sistem propulsi turbin uap mengintegrasikan turbin uap GTZA-647 menghasilkan kecepatan tertinggi 32kt.

Pendaratan dek kapal mengakomodasi helikopter tunggal.

daring 3

8.Type 45 / Kelas Daring

Type 45, juga dikenal sebagai kelas Daring, adalah kelas baru kapal perusak berpeluru kendali yang dibangun oleh BAE Systems Surface Ship untuk Angkatan Laut Inggris.

Type 45 kapal menjadi kapal perang terbesar dan paling maju di armada Royal Navy.

Perusak  Type 45 pertama, HMS Daring (D32), ditugaskan pada bulan Juli 2009 dan kapal keenam dan terakhir, HMS Duncan (D37), dilantik dalam layanan pada bulan September 2013.

HMS Daring memiliki perpindahan beban penuh 8,500t dan bisa membawa 190 awak.

Type 45 dipersenjatai dengan sistem pertahanan udara Sea Viper, sistem peluncuran vertikal Sylver A50, rudal Aster, rudal anti-kapal Harpoon, meriam Mark 8, dua senjata 30mm Oerlikon, dua CIWS Phalanx.

Menggunakan penggerak listrik terintegrasi (IEP) dari kapal bisa berlayar pada kecepatan tertinggi 27kt.

udaloy 2

7. Project 1155,1 Kelas Udaloy II

Project 1155,1 Kelsa Udaloy II, menjadi perusak terbesar di Angkatan Laut Rusia, juga perusak terbesar ketujuh di dunia.

Udaloy II adalah versi upgrade dari perusak kelas Udaloy I anti-kapal selam dan memiliki perpindahan beban penuh 8,900t.

Kelsa Udaloy II mengintegrasikan sistem rudal anti-kapal, rudal pertahanan permukaan ke udara Kinzhal, Kortic SAM, CIWS, torpedo anti-kapal selam, dan peluncur roket anti-kapal selam.

Perusak ini dilengkapi dengan dek dan hanggar untuk dua helikopter. Mesin gabungan turbin gas dan turbin gas (COGAG) memungkinkan kecepatan jelajah maksimum 32kt.

Yantar Shipyard (Kaliningrad) pada awalnya dikontrak untuk membangun tiga kapal Udaloy II tetapi hanya kapal pertama, Admiral Chabanenko telah ditugaskan pada Januari 1999.

Dua kapal perusak lainnya dibatalkan karena masalah pendanaan.

NEXT

Facebook Comments