For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-14 Iran, Perjuangan Terakhir Sang Tomcat

f14_iran_missile

Buka tanpa alasan bahwa Teheran akan terus berusaha mencari pemasok suku cadang Tomcatnya.

Dalam beberapa tahun terakhir Amerika Serikat telah meningkatkan upaya untuk memata-matai Iran, penggelaran pesawat tak termasuk rahasia, tersembunyi RQ-170 ke Timur Tengah tampaknya untuk surveil fasilitas nuklir Iran. Sebuah RQ-170 jatuh di wilayah Iran pada tahun 2011.

Tomcat telah memimpin upaya untuk mencegat drone tersebut. Pada awal 2000-an, angkatan udara Iran menempatkan skuadron F-14 di Bushehr, situs reaktor nuklir pertama Iran.

Skuadron yang akhirnya dibubarkan  setelah kondisi Tomcat jatuh ke dalam keruntuhan, tapi skuadron F-14 lain dipertahankan berjaga selama Bushehr dan dua fasilitas atom lain .

Dan saat itulah hal mendapat aneh. F-14 awak melindungi fasilitas melaporkan melihat drone semakin canggih dan aneh, menurut Taghvaee.

“Drone intelijen CIA menampilkan karakteristik penerbangan yang menakjubkan, termasuk kemampuan untuk terbang di luar atmosfer, mencapai kecepatan jelajah maksimum Mach 10 dan kecepatan minimum nol, dengan kemampuan untuk menembak banyak target.”

“Akhirnya,” Taghvaee menambahkan, “drone digunakan kuat [penanggulangan elektronik] yang bisa selai radar musuh menggunakan tingkat yang sangat tinggi dari energi magnetik.”

Pada November 2004 salah satu F-14 mencegat pesawat tak berawak CIA di atas fasilitas nuklir di Arak. Penerbang mencoba untuk mengunci drone dengan radar AWG-9, mereka.  Drone itu menyalakan afterburner hijau dan melarikan diri.

Tetapi bukan itu yang penting. Yang menarik adalah bahwa bagaimana bisa dalam situasi yang sangat sulit Iran masih saja bisa mempertahankan F-14 selama 40 tahun.

Pada bulan Oktober tahun 2013, Taghvaee memperkirakan bahwa lebih dari 40 F-14 Teheran berada dalam kondisi terbang. Bahkan ini telah menjadi jumlah tertinggi sejak pertengahan 1970-an.

Iran telah mulai meningkatkan Tomcat dengan komponen radar baru, radio, sistem navigasi dan juga menambahkan kompatibilitas dengan rudal R-73 dan Hawk.

Lima dekade F-14 Iran jusru menjadi lebih baik dan lebih baik. Sesuatu yang benar-benar aneh.

Facebook Comments