For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Seberat AK-47, Senapan Laser China Bisa Membakar Lawan dari Jarak 1 Km

Ilustrasi / SCMC

China telah mengembangkan senjata laser portabel baru yang dapat membakar kulit orang dari jarak hampir satu kilometer.

Shouth China Morning Post melaporkan Senin 2 Juli 2018, senapan serbu laser ZKZM-500 digolongkan sebagai “tidak mematikan” tetapi menghasilkan sinar energi yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang tetapi dapat melewati jendela dan menyebabkan “karbonisasi instan” pada jaringan kulit manusia.

Sepuluh tahun yang lalu senjata semacam ini hanya ada di film fiksi, tetapi satu ilmuwan senjata laser mengatakan perangkat baru ini mampu “membakar pakaian dalam waktu sekejap. Jika kain mudah terbakar, seluruh orang akan terbakar .”

“Rasa sakit akan berada di luar daya tahan,” kata peneliti yang telah mengambil bagian dalam pengembangan dan pengujian lapangan prototipe senjata ini. Pengembangan dan pengujian dilakukan di Xian Institute of Optics and Precision Mechanics di Chinese Academy of Sciences yang ada di Provinsi Shaanxi.

Senjata kaliber 15mm berbobot tiga kilogram  atau kira-kira sama dengan senapan serbu AK-47, dan memiliki jangkauan 800 meter dan bisa dipasang pada mobil, kapal dan pesawat.

Senjata baru tersebut saat ini siap untuk produksi massal dan unit pertama kemungkinan akan diberikan kepada pasukan anti-terorisme kepolisian China.

Jika terjadi situasi penyanderaan, senjata itu bisa digunakan untuk menembus jendela dan melumpuhkan penculik sementara unit lain masuk untuk menyelamatkan tawanan mereka.

Desain luar ZKZM-500

Senjata ini juga bisa digunakan dalam operasi militer rahasia. Sinar cukup kuat untuk membakar melalui tangki minyak dan membakar fasilitas penyimpanan bahan bakar di bandara militer.

Karena laser telah disetel ke frekuensi tak terlihat, maka senjata in juga sama sekali tidak menghasilkan suara. “Tidak idak ada yang tahu dari mana serangan itu berasal. Ini akan terlihat seperti kecelakaan, ”kata peneliti lain. Para ilmuwan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas proyek.

Senapan didukung oleh baterai lithium yang dapat diisi ulang yang mirip dengan yang ditemukan di smartphone. Dia dapat menembakkan lebih dari 1.000 “tembakan”, masing-masing bertahan tidak lebih dari dua detik.

Prototipe ini dibangun oleh ZKZM Laser, sebuah perusahaan teknologi yang dimiliki oleh institut di Xian. Perwakilan perusahaan menegaskan bahwa perusahaan sekarang mencari mitra yang memiliki lisensi produksi senjata atau mitra dalam industri keamanan atau pertahanan untuk memulai produksi berskala besar dengan biaya US $ 15.000 per unit.

Mengingat potensi penyalahgunaannya, desain dan produksi perangkat akan diawasi dengan ketat dan satu-satunya pelanggan adalah militer dan polisi China.

Facebook Comments