10 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

soryu_class

8. Kelas Soryu (Jepang )

Mulai beroperasi 2009 dengan kemampuan selam 250 meter. Tabung torpedo : 6×533 – mm dan senjata torpedo type 89 , rudal anti – kapal Harpoon. Tidak seperti kapal bertenaga nuklir lain, kapal selam kelas Soryu memiliki propulsi diesel – listrik. Kapal serang tersebut dilengkapi sistem propulsi udara independen.

Sistem propulsi udara independen memungkinkan untuk tetap berada di dalam air lebih lama tanpa harus ke permukaan untuk mengisi baterai. Daya tahan rendam meningkat dari hari ke minggu.

Hal ini juga meningkatkan kemampuan siluman dan operasional kapal. Namun kapal selam ini kurang jangkauan dan daya tahan.

Soryu memiliki desain hidrodinamik dan dilengkapi dengan lapisan anechoic . Interior juga memiliki isolasi suara dari komponen keras. Namun kapal ini tidak memiliki sistem peluncuran vertikal . Persenjataan mereka terbatas pada torpedo dan  Harpoon .

 

ohio_class

9. Kelas Ohio ( USA )

Terhitung baru karena baru beroperasi sejak 2006. Memiliki kemampuan selam hingga 300 meter. Peluncuran vertikal tabung : 22 ( 154 ), abung torpedo : 4×533 – mm serta  senjata Mk.48 torpedo , rudal jelajah Tomahawk

Kapal selam keals Ohio pada awalnya dirancang untuk membawa rudal balistik antarbenua ( SSBN). Namun 2002-2008 Angkatan Laut AS melakukan konversi empat kapal selamnya ke operator rudal jelajah ( SSGNs ). Konversi dari perahu pertama selesai pada tahun 2006.

Ohio, Michigan, Florida dan Georgia dikonversi menjadi kapal selam rudal dengan mengganti rudal Trident dengan 7 rudal jelajah Tomahawk kecil. Setiap dikonversi SSGN sekarang mampu membawa 154 rudal jelajah Tomahawk.

Selain itu juga memiliki empat tabung 533 – mm untuk Mk.48 torpedo. Converted Ohio juga memiliki ruang lockout dan dapat mengangkut pasukan khusus personil .

oscar_2_class

10. Kelas Oscar 2 ( Rusia )

Beroperasi sejak 1986 dengan kemampuan menyelam hingga 500 meter. Memiliki tabung rudal 24, tabung torpedo 2×650 mm , 4×533 mm dan berbagai senjata seperti torpedo dan rudal anti – kapal seperti P – 700 Granit ( SS – N – 19 Shipwreck ).

Project 949A Antey , dikenal di NATO sebagai kelas Oscar II adalah kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir ( SSGN ). Kapal ini adalah kapal selam terbesar ketiga di bawah kelas Typhoon Soviet dan Ohio Amerika dan  menjadi kapal paling mampu di Rusia.

Sebanyak  11 kapal dibangun dari 19 yang direncanakan. Empat kapal masih aktif dalam pelayanan di Angkatan Laut Rusia .

Dibandingkan kapal modern, kapal selam ini masih jauh dari senyap. Namun memiliki daya serang tinggi karena dirancang sebagai kapal raksasa pengangktu rudal untuk menyerang kapal induk.

Dipersenjatai dengan 24 rudal jelajah supersonik P – 700 Granit ( SS – N – 19 Shipwreck ) dengan jangkauan 550 km, kapal  selam ini juga dilengkapi dengan dua tabung torpedo 650 – mm dan empat 533 – mm , mampu meluncurkan torpedo dan rudal anti – kapal termasuk SS – N – 16 Stallion dengan jangkauan 50 km , membawa torpedo  hulu ledak nuklir untuk digunakan menyerang kapal di permukaan air ataupun kapal selam.

Sumber: military-today

 

Facebook Comments

error: Content is protected !!