10 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

HMS Astute / The Sun

Ada banyak hal yang menjadikan kapal selam dianggap paling hebat. Bisa karena ukurannya atau karena teknologinya. 10 kapal selam yang masuk dalam daftar kali ini didasarkan pada gabungan antara kemampuan senjata ofensif, kemampuan siluman dan beberapa fitur lainnya.

Misi utama dari kapal selam serang adalah untuk menghancurkan kapal selam musuh ataupun kapal di permukaan. Dia harus memiliki sonar yang baik untuk mendeteksi kapal selam musuh. Selain itu tingkat kesenyapan juga sangat dibutuhkan untuk mampu mendekati musuh dan meninggalkan lokasi tanpa terdeteksi

Daftar ini juga hanya hanya mencakup kapal selam bertenaga nuklir yang masih aktif melayani militer dan mengabaikan kapal yang sedang dibangun. Dan inilah 10 kapal selam serang tersebut. Daftar ini juga belum memasukkan kelas Borei Rusia karena sejauh ini belum ada bukti dalam misi nyata.

seawolf_class

1. Kelas Seawolf ( USA )

Mulai operasional 1997 dengan kemampuan selam 478 meter, tabung torpedo 8×660 – mm, dengan mengusung senjata torpedo Mk.48 , rudal anti kapal Harpoon  dan rudal jelajah Tomahawk

Kapal selam kelas Seawolf menjadi yang paling canggih, paling membunuh tetapi juga paling mahal. Kapal selam ini dibangun untuk mengembalikan keunggulan teknologi yang Angkatan Laut AS yang sejak 1945 sampai pertengahan 1980-an didominasi oleh Sovyet.

Seawolf dibuat dengan kemampuan untuk mencari, memburu dan menghancurkan kapal selam rudal balistik Soviet terbaru, seperti Typhoon dan kapal selam serang Akula.

Awalnya 12 kapal kelas ini akan dibangun. Namun karena anggaran yang terlalu mahal maka produksi hanya sampai pada tiga unit. Terlebih kemudian perang dingin kemudian berakhir seiring runtuhnya Sovyet. Semua kapal tersebut sampai saat ini masih menjadi andalan Angkatan Laut AS.

Kapal selam kelas Seawolf disebut-sebut sebagai kapal selam paling senyap di dunia yang pernah dibangun bahkan pada kecepatan tinggi. Kebanyakan kapal selam perlu menjaga kecepatan mereka di bawah 5 knot untuk menghindari deteksi array sonar pasif.

Namun Seawolf mampu melakukan hal itu dengan kecepatan 20 knot. Kapal ini juga memiliki kemampuan menyelam paling dalam dan bisa beropeasi di bawah es kutub. Dan tentu saja lebih cepat dibandign kapal lain.

virginia_class

2. Kelas Virginia (USA)

Resmi bergabung dengan Angkatan Laut AS sejak 2004 dengan kemampuan selam 250 meter. Memiliki 12 tabung torbedo 4×533 – mm. Dilengkapi  torpedo Mk.48 , rudal anti kapal  Harpoon , rudal jelajah Tomahawk.

Virginia merupakan kapal selam serang bertenaga nuklir dan penerus kapal kelas Los Angeles. Dirancang lebih kecil, murah dan fleksibel. Sebagai alternatif menutup rencana pembangunan Seawolf yang sangat mahal. Sebanyak 30 kapal kelas Virginia direncanakan dibangun.

Virginia menggabungkan coating anechoic, struktur deck terisolasi dan desain baru propulsor untuk mencapai tingkat kesenyapan yang sama dengan Seawolf. Dilengkapi dengan 12 tabung sistem peluncuran vertikal ( VLS ) yang digunakan untuk meluncurkan Tomahawk dengan daya jangkau 1.700 km.

Selain itu juga ada empat 533 – mm tabung torpedo untuk digunakan meluncurkan 26 torpedo kelas berat Mk.48 dan rudal anti – kapal Harpoon .

Kapal ini juga bisa digunakan untuk operasi khusus dan menjadi  kapal selam AS pertama yang menggunakan built -in Navy SEAL staging area yang memungkinkan tim memasuki dan meninggalkan kapal selam di tengah perjalanan.

astute_class

3. Kelas Astute (Inggris)

Mulai memasuki layanan militer 2010. Daya jelajah di kedalaman 150 m, Tabung torpedo 6×533 – mm dengan senjata torpedo Spearfish, rudal anti – kapal Harpoon  dan  rudal jelajah Tomahawk .

Merupakan kapal selam serang bertenaga nuklir pertama yang ditugaskan bersama Royal Navy pada tahun 2010. Sejauh ini ini tujuh kapal kelas direncanakan untuk dibangun untuk menggantikan kapal selam serang kelas Swiftsure yang sudah tua.

Memiliki kemampuan siluman dan mampu membawa banyak senjata dibandingkan kapal sebelumnya yakni kelas Trafalgar .

Dilengkapi dengan enam 533 – mm tabung torpedo untuk meluncurkan torpedo Spearfish ,  Harpoon  dan rudal jelajah Tomahawk Block IV serangan darat rudal jelajah memiliki kisaran 1.700 km dan dapat menargetkan kapal musuh serta target darat .

NEXT
Facebook Comments