10 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

graney_class

4. Kelas Graney ( Rusia )

Mulai bertugas 2013 dengan kedalaman maksimal 300 m. Memiliki 24 tabung vertikal, tabung torpedo : 8×650 – mm dan berbagai senjata torpedo, rudal anti -kapal dan rudal jelajah.

NATO menyebutnya dengan 885 Yasen. Adalah kapal selam serang terbaru milik Rusia bertenaga nuklir. Pada 1993 proyek ini sempat dihentikan karena masalah dana ketika dua kapal sudah selesai.

Namun pada 2013 proyek dilanjutkan dengan rencana membuat enam kapal. Kapal ini akan meneruskan tugas Akula yang sudah tua.

Kelemahannya, kapal ini tidak memiliki kemampuan siluman yang memadahi, Tingkat kebisingannya tidak jauh beda dengan Akula. Memiliki 24 tabung peluncuran vertikal untuk berbagai rudal jelajah termasuk Oniks P – 800 ( SS – N – 26) yang memiliki jangkauan sekitar 300 km.

Selain itu juga memiliki delapan 650 – mm tabung torpedo untuk torpedo dan rudal anti – kapal. Sebanyak 30 torpedo mampu dibawanya.

sierra_2_class

5. Kelas Sierra II ( Rusia )

Beroperasi sejak 1992 dengan kedalaman maksimal 400 m, Memiliki tabung torpedo 4×650 mm , 4×533 mm dengan senjata seperti rudal anti-kapal selam SS-N-15 Starfish atau SS-N-16 Stallion , rudal jelajah SS-N-21 Samson.

Kapal ini memiliki dua lambung titanium ringan dan kuat. Dapat dapat beroperasi pada kedalaman tinggi dan tingkat kesenyapan yang bagus. Kapal selam ini juga memiliki daya tahan yang kuat untuk tidak rusak ketika diserang torpedo.

Teknologi titanium Soviet memang meninggalkan barat. Dan sebenarnya menjadi kesuksesan sendiri.

Namun teknologi titanium ini sangat mahal sehingga produksinya juga dibatasi hanya dua unit saja.Rusia Angkatan Laut mempertahankan kapal selam canggih ini meskipun biaya operasional tinggi .

los_angeles_class

6. Kelas Los Angeles (USA)

Mulai melayani AL AS 1988 dengan kemampuan menyelam hingga 450 meter. Tabung torpedo 4×533 – mm dengan senjata Mk.48 torpedo , Sub – Harpoon rudal anti – kapal dan Tomahawk yang merupakan rudal jelajah serangan darat.

Angkatan Laut AS saat ini mengoperasikan total 40 Los Angeles yang sudah tua. Kapal selam ini terbukti menjadi platform sangat baik.

Setelah mengalami perbaikan kapal ini mampu meningkatkan kemampuan ketenangannya hingga tujuh kali lipat dari sebelumnya.

Kapal ini memiliki senjata yang sangat ampuh termasuk Mk.48 torpedo , Sub – Harpoon rudal anti – kapal dan Tomahawk yang bisa diluncurkan secara vertikal. Dapat beroperasi di bawah es. Tempat yang biasa digunakan untuk sembunyi kapal Sovyet.

akula_class

7. Kelas Akula ( Rusia )

Beroperasi sejak 1986. Memiliki kemampuans elam hingga 300 meter dengan tabung torpedo : 4×650 mm , 4×533 mm dan senjata rudal serta torpedo. Pada akhir 1980-an Uni Soviet meluncurkan sejumlah kapal selam kelas Akula.

Kapal ini menandai peningkatan teknologi kapal selam di negara tersebut karena jauh lebih tenang dibandingkan kapal sebelumnyaseperti SSN.

Ketika dikembangkan menjadi Akula II kemampuan ketenangannya benar-benar meningkat melebihi Amerika Serikat yang mengembagnakan kelas Los Angeles kala itu.

Memiliki empat 650 – mm tabung torpedo dan empat tabung 533 – mm. Hingga 40 peluncuran torpedo dan rudal dapat dilakukan. Hingga saat ini Kelas Akula masih menjadi separuh dari kekuatan kapal selam Rusia yang bertenaga nuklir.

NEXT
Facebook Comments

error: Content is protected !!