For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

13 Boeing 747 Yang Paling Luar Biasa

Queen of the Skies  atau Ratu Langit ini telah dalam pelayanan sejak tahun 1970, setelah uji terbang pertama setahun sebelumnya.   Lebih dari  1.500 pesawat dibangun baik untuk  pesawat penumpang, pesawat kargo, strategis militer, dan pesawat ilmu pengetahuan NASA.

Berikut adalah beberapa hal yang paling menakjubkan dari 747 yang pernah terbang.

Prototipe Boeing 747

Prototipe 747 pertama diluncurkan dari pabrik Boeing di Everett, Washington, 30 September 1968. Kedatangan pesawat raksasa ini benar-benar membuat orang kagum karena sangat kontras dengan pesawat sebelumnya.  Pabrik  747  menjadi  bangunan terbesar yang pernah dibangun.

Dreamlifter

Boeing 747 Dreamlifter, atau Large Cargo Freighter, adalah 747-400 yang banyak dimodifikasi. Pesawat kargo berbadan lebar digunakan secara eksklusif oleh Boeing untuk mengangkut komponen pesawat untuk 787 Dreamliner dari pemasok di seluruh dunia untuk pabrik perakitan Boeing. Ia menggunakan loader kargo terpanjang di dunia.

SOFIA

Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy (SOFIA) adalah 747SP yang dimodifikasi untuk digunakan  membawa teleskop 2,5 meter dan melakukan pengamatan astronomi inframerah dalam penerbangan. Sebuah perusahaan patungan antara NASA dan Aerospace Center Jerman (DLR), mengoperasikan SOFIA  di stratosfer sekitar 41.000 kaki untuk mempelajari segala sesuatu dari pembentukan bintang hingga atmosfer planet asing .

Nightwatch

Pesawat Advanced Airborne Command Post Boeing E-4 dijuluki sebagai “Nightwatch.” Pesawat dimodifikasi dari Boeing 747-200B telah melayani Angkatan Udara AS sebagai platform komando dan kontrol udara sejak 1974. E-4  dirancang untuk bertahan dari ledakan EMP,  hingga mengapa pesawat masih menggunakan instrumen penerbangan analog.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan system penanggulangan tembakan, memiliki tiga dek penerbangan operasional, dan dapat membawa kru hingga 112 awak yang menjadi jumlah kru terbesar dari setiap pesawat USAF dalam sejarah. Dengan kemampuan pengisian bahan bakar di udara, E-4 dirancang untuk tinggal di udara selama seminggu penuh di keadaan darurat, meskipun penerbangan terpanjang  pesawat adalah 35 jam dan 24 menit.

NEXT
Facebook Comments