For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Diluncurkan Senin, Satelit Mata-Mata Top Secret Amerika Dikabarkan Hancur Total

Satelit mata-mata Amerika yang sangat rahasia dan diluncurkan pada Senin 8 Januari 2018 dikabarkan hancur total. Satelit itu dibawa oleh roket Falcon 9 SpaceX yang sebenarnya meluncur dengan sukses.

Dow Jones mengutip industri dan pejabat pemerintah melaporkan pada Senin malam bahwa anggota parlemen Amerika telah diberitahu tentang hancurnya satelit rahasia yang disebut kode Zuma tersebut.

Satelit tersebut diduga telah terbakar di atmosfer setelah gagal memisahkan diri secara sempurna dari bagian atas roket SpaceX Falcon 9. Sementara Falcon 9 sendiri mendarat dengan sukses di Pantai Florida.

Menurut Dow Jones, tidak adanya kata resmi mengenai insiden tersebut berarti bahwa ada kemungkinan rangkaian peristiwa lainnya. Pejabat industri mengatakan satelit yang hilang itu mungkin bernilai miliaran dolar.

Northrop Grumman, yang membangun satelit tersebut, mengatakan kepada Dow Jones melalui juru bicara: “Kami tidak dapat berkomentar mengenai misi rahasia.”

Sedangkan juru bicara SpaceX mengatakan  hal yang serupa. “Kami tidak mengomentari misi ini, namun saat ini ulasan data menunjukkan Falcon 9 melakukan secara nominal.”

Pesawat ruang angkasa Zuma dilekatkan pada salah satu roket SpaceX’s Falcon 9 dan diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Sementara itu The Washington Post juga melaporkan adanya kabar hancurnya satelit rahasia tersebut. Namun media ternama di Amerika itu tersebut belum berhasil mendapatkan konfirmasi pasti.

SpaceX memotong siaran peluncurannya setelah mengkonfirmasikan bahwa kerucut hidung roket yang menjadi penyebab penundaan peluncuran yang direncanakan November – telah dipisahkan beberapa menit setelah pukul 20.00 waktu setempat.  Inin adalah prosedur standar misi rahasia.

Marco Langbroek, seorang pelacak satelit amatir dari Belanda yang berpengalaman mengikuti misi rahasia dan mengamati Zuma dengan saksama, mengatakan  dia tidak memiliki informasi yang mendukung rumor tentang kegagalan dan “tidak tahu apakah rumor tersebut layak atau tidak.”

Peluncuran tersebut menghasilkan beberapa efek pencahayaan yang tidak biasa saat roket tersebut mendaki yang mendorong beberapa pengamat khawatir bahwa ini mungkin akan mengalami masalah.

Dari Space Coast, cahaya putih kebiruan tampak berputar di langit saat mesin roket menyulut sekitar 50 mil, kira-kira dua setengah menit setelah lepas landas, dan tahap pertama mulai terbang kembali ke Cape untuk mendarat

Tony Cristaldi, ahli meteorologi senior di National Weather Service di Melbourne mengatakan ada cahaya dari mesin Falcon 9 bercahaya dan terdifraksi melalui sepasang dek awan tipis, satu di 4.000 kaki dan satu lainnya di sekitar 20.000 sampai 25.000 kaki.

Awan lebih luas di sepanjang jalur timur laut Falcon 9 di atas Samudra Atlantik, namun terpecah di pesisir pantai.

Facebook Comments

error: Content is protected !!