For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Selam Soviet Ini Bikin Pusing Angkatan Laut Amerika

Kapal SElam Kelas Victor III Uni Soviet / Wikipedia

Desainer kapal selam Soviet berkonsentrasi kemampuan pada perang anti-permukaan dibandingkan anti-kapal selam sampai akhir 1950-an sebelum kemudian barat membangun SSBN dan SSN yang sangat mampu. Hal ini berarti Soviet membutuhkan kapal selam baru yang mampu melawan ancaman kapal selam barat yang kian mampu.

Kremlin membutuhkan kapal selam yang memiliki kemampuan perang anti kapal selam lebih baik dibanding sebelumnya. Kapal juga harus mampu beroperasi di semua teater baik Atlantik, Pasifik dan Arktik. Mereka akan digunakan untuk membunuh kapal datang Barat, kapal tempur, kapal selam serangan, boomer dan mengawal boomer Soviet ke posisi peluncuran mereka.  Dari semua itu kemudian lahirnya Proyek 671 Shchuka yang oleh NATO disebut dengan Victor untuk memulai membangun sebuah kapal selam baru tersebut.

K-38 alias Victor pertama sedang di bawah konstruksi
K-38 alias Victor pertama sedang di bawah konstruksi

Proyek 671 dikerjakan biro desain Malachite pada tahun 1959 di bawah Georgiy N. Chernishov sebagai kepala desainer. Kapal selam direncanakan akan menggusur 3500 ton, konstruksi akan dilakukan di galangan kapal Leningrad yang merupakan galangan kapal pedalaman dan membutuhkan dermaga transportasi untuk mengangkut kapal selam ke perairan yang lebih dalam untuk percobaan.

Kapal selam akan memiliki poros tunggal untuk meningkatkan kesenyapan dibandingkan dengan desain sebelumnya yang menggunakan poros kembar. Kapal memiliki 2 pod propulsor kecil untuk operasi ultra tenang dan dan keadaan darurat. Kapal selam akan dipersenjatai dengan 6 tabung 533mm tabung dengan 18 torpedo yaitu 6 dalam tabung dan 12 untuk isi ulang. Seperti semua kapal selam Rusia, mereka akan memiliki lambung ganda yang bisa membangun tujuh kompartemen di dalamnya hingga memungkinkan untuk beroperasi pada kedalaman sekitar 400m. Kekuatan akan disediakan reaktor VM-4 kembar yang menyediakan uap untuk 2 mesin turbin OK-300 yang memberikan kecepatan tertinggi sekitar 34.5kn ketika terendam.

Kapal selam akan memiliki panjang 93 meter. Mereka memiliki 70 awak dan tingkat otomatisasi tinggi seperti semua kapal selam generasi mereka.

K-38
K-38

K-38 yaitu Victor pertama yang dibaringkan pada April 1963 di Leningrad Shipyard dan diluncurkan pada Juni 1966. Setehun kemudianyakni Juni 1967 menggunakan dermaga transportasi kapal selam dibawah ke Severodvinsk untuk diselesaikan dan dikirim untuk uji coba laut di laut putih. Dia kemudian resmi masuk layanan pada 5 November 1967.

A Victor sedang diluncurkan dari galangan kapal Leningrad.
A Victor sedang diluncurkan dari galangan kapal Leningrad.

 

Victor menggunakan dermaga transportasi untuk pindah ke Severodvinsk.
Victor menggunakan dermaga transportasi untuk pindah ke Severodvinsk.

Seiring waktu ada sekitar setengah lusin varian ini. Salah satu modifikasi pertama ditunjuk sebagai 671V, kapal ini memiliki sensor dan elektronik yang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Sebuah Victor dimodifikasi menjadi 671K yang bisa menembakkan rudal serangan darat dan rudal jelajah. Varian lain yaitu 671M memakai sensor, elektronik dan memancarkan suara lebih rendah dan hanya dua diselesaikan dalam varian 671M. Sedangkan dua kapal lain menerima sensor SOKS untuk pengujian. Semua varian ini tidak diberi sebutan berebda oleh NATO dan tetap disebut sebagai Victor 1.

NEXT: VICTOR 2 DAN VICTOR 3

Facebook Comments