For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Angkatan Laut Paling Kuat Sepanjang Masa

 

Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (1941)

Angkatan Laut Kekaisaran Jepang atau Imperial Japanese Navy (IJN)  pada awal Perang Dunia II di Pasifik adalah angkatan laut paling kuat di dunia. Jepang, seperti Inggris, adalah sebuah negara kepulauan yang terpaksa mengimpor minyak dan bahan baku lainnya dari luar negeri. Kerentanan ini menjadikan Jepang harus membangun angkatan laut yang besar untuk mempertahankan jalur laut.

Di awal perang Jepang memiliki 10 kapal induk, dengan 1.500 pilot terbaik di dunia. Selain itu memiliki 12 kapal perang, termasuk kelas Nagato yang terkenal kuat, dan kapal penjelajah modern, kapal perusak dan kapal selam.

IJN memiliki senjata kuat dan terlatih. Kemenangan di Malaya, Pearl Harbor dan Kepulauan Solomon adalah bukti jelas kuatnya mereka. Tetapi serangkaian keputusan yang buruk pimpinan angkatan laut dan  diperparah oleh ketidakmampuan untuk mengganti kerusakan secara tepat waktu akhirnya kekuatan Jepang semakin lemah. Namun meski singkat  Angkatan Laut Kekaisaran Jepang tahun 1941 adalah angkatan laut paling kuat sepanjang masa.

5. Angkatan Laut Amerika Serikat (1945)
Facebook Comments