For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Angkatan Laut Paling Kuat Sepanjang Masa

Kapal triremes
Angkatan Laut Yunani (480 SM)

Angkatan Laut Yunani pada saat invasi Persia kedua bukanlah yang terbesar di dunia. Namun mereka berhasil menciptakan kemenengan. Kekaisaran Persia kala menciptakan angkatan laut dari negara-negara pelaut yang ditaklukkan.

Pasukan multinasional ini termasuk Fenisia, Mesir, Siprus, dan pelaut dari berbagai belahan Yunani dan Asia Kecil. Armada Persia mencapai 1.207 triremes – kapal perang oared standar waktu  itu. Namun mereka tidak berhasil membekuk Yunani dan kalah dalam pertempuran Salamis di Artemisium.

Orang-orang Yunani, yang dipimpin oleh Athena dan Sparta, mengumpulkan kekuatan 381 triremes. Meskipun kalah jumlah , Angkatan Laut Yunani di Salamis berhasil merusak dan memaksa Angkatan Laut Persia mundur.

Kemenangan angkatan laut Yunani di Salamis memiliki dua efek penting. Pertama, Angkatan Lau  Yunani melindungi sisi laut Yunani, mencegah Xerxes dan pasukannya melakukan pendaratan amfibi. Kedua, kerusakan Persia yang cukup signifikan menjadi dasar bagi Xerxes memerintahkan penarikan angkatan laut, dan invasi dihentikan.

2. Angkatan Laut China, (1433)
Facebook Comments