For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Angkatan Laut Paling Kuat Sepanjang Masa

Angkatan Laut China, (1433)

Angkatan Laut China dari abad ke-15 adalah yang paling kuat di dunia. Dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho, Angkatan Laut Chinamelakukan tujuh pelayaran di sekitar Samudera Hindia.

Dinasti Ming memiliki agenda untuk mencari dan mengamankan rute perdagangan untuk impor barang mewah dan bahan baku ke China. Maka dilakukanlah ekspedisi laut besar-besaran. Ekspedisi menggunakan 317 kapal, jumlah yang luar biasa kala itu (bahkan untuk sekarang).

Dari jumlah itu 60 di antaranya disebut sebagai “kapal harta karun” dengan panjang lebih dari 400 kaki, lebar 160 kaki, dengan sembilan tiang dan 12layar. Secara keseluruhan Ming melakukan tujuh ekspedisi. Ruang lingkup perjalanan armada, termasuk Asia Tenggara, India, Tanduk Afrika dan Teluk Persia.

Perselisihan internal akhirnya mengarahkan pada akhir Dinasti Ming dan ekspedisi hebat tu. Bahkan akhirnya Chinatidak pernah lagi memiliki armada laut yang kuat.

3. Royal Navy, (1815-1918)
Facebook Comments