For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-15  dan F-35 Amerika Bombardir Pulau Qanus Irak

Jet-jet tempur F-15 dan F-35 Amerika Serikat membombardir Pulau Qanus di sepanjang Sungai Tigris Irak sebagai langkah lanjut melawan ISIS yang diyakini membangun kekuatan di wilayah tersebut.

Video dibagikan oleh Kolonel Myles B. Caggins III, juru bicara Operation Inherent Resolve (OIR) – misi Amerika melawan ISIS- menunjukkan beberapa ledakan bola api beberapa saat setelah amunisi ditembakkan ke pulau itu .

“Amunisi yang ditembakkan ke pulau yang dipenuhi ISIS berasal dari McDonnell Douglas F-15 Eagle dan jet tempur generasi kelima F-35,” kata Caggins.

Loading...

Menurut pernyataan OIR, pasukan koalisi mengerahkan total 80.000 pon amunisi dalam upaya untuk mengganggu kemampuan ISIS yang bersembunyi di vegetasi tebal pulau itu. Serangan udara diikuti oleh operasi pembersihan lahan, yang dilakukan oleh Batalion Pasukan Operasi Khusus ke-2 Irak.

“Kami menyangkal kemampuan ISIS untuk bersembunyi di Pulau Qanus,” kata Mayor Jenderal Eric T. Hill, komandan Gugus Tugas Gabungan Operasi Khusus dalam sebuah pernyataan. “Kami menetapkan kondisi untuk pasukan mitra kami untuk terus membawa stabilitas ke kawasan.”

Rilis OIR menunjukkan bahwa pulau itu sering digunakan sebagai “pusat transit utama” bagi anggota ISIS yang pindah dari Suriah dan gurun Jazeera ke wilayah Mosul, Makhmous dan Kirkuk.

Pulau ini terletak di dekat Lapangan Terbang Barat Qayyarah, yang digunakan oleh pasukan Amerika antara tahun 2003 dan 2011, namun direbut ISIS pada tahun 2014. Pangkalan itu kemudian direbut kembali pada tahun 2016 oleh pasukan Irak.

Loading...
Facebook Comments