For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Brasil Sepakat Transfer Dua Kapal Selam Kelas Tupi ke Angkatan Laut Argentina

Kapal Selam Kelas Tupi

Angkatan Laut Brasil telah setuju untuk mentransfer dua kapal selam kelas Tupi – Type 209/1400 – ke Argentina. Kesepakatan ini tercapai  setelah pertemuan antara Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan rekannya dari Argentina, Mauricio Macro.

Kesepakatan tersebut termasuk potensi transfer di masa depan dari dua kapal tambahan. Dua yang pertama dapat ditransfer pada 2019 dan kapal kemudian akan menerima beberapa perbaikan kecil di galangan kapal Tandanor di Argentina sebelum memasuki layanan pada tahun 2020.

Sebanyak empat Kelas Tupi ditugaskan antara 1989 dan 1999 dan dijadwalkan akan digantikan oleh empat kapal selam kelas Tonelero dari jenis Scorpene dalam waktu dekat.

Menyusul hilangnya kapal selam listrik-diesel TR 1700 ARA San Juan pada bulan November 2017, Kementerian Pertahanan Argentina memang mencari sejumlah cara untuk mendapatkan kapal selam. Salah satunya bahkan sempat mempertimbangkan untuk meneruskan kembali pembangunan kapal selam ARA Santa Fe.

ARA San Juan adalah salah satu dari dua kapal selam TR 1700 buatan Jerman yang dikirim pada tahun 1980-an yang membentuk inti dari kekuatan kapal selam Argentina.

Sementara kapal selam kedua yakni ARA Santa Cruz, sedang menjalani perpanjangan reparasi yang diharapkan akan selesai pada akhir 2019 / awal 2020.

Loading...

Konstruksi kapal ketiga yang diberi nama Santa Fe dimulai pada 1980-an tetapi dihentikan pada awal 1990-an saat pembangunan sudah mencapai 70% selesai.

Loading...
Facebook Comments