For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Hunter, Inilah Kendaraan Tempur Lapis Baja Terbaru Singapura

Angkatan Darat Singapura atau Singapore Armed Forces (SAF) telah mengungkapkan rincian kendaraan tempur lapis baja atau armoured fighting vehicle (AFV) Hunter. Kendaraan dengan menggunakan tracked ini menjadi platform tempur lapis baja pertama yang dilengkapi dengan kemampuan rudal anti-tank dipandu atau anti-tank guided missile (ATGM).  Kendaraan baru ini muncul dalam parade peringatan 50 tahun Angkatan Darat Singapura pada 11 Juni.

Hunter memiliki bobot 29,5 ton Рyang sebelumnya dikenal sebagai Next-Generation Armoured Fighting Vehicle (NGAFV)  sebelum commissioning-nya. Kendaraan ini akan menggantikan kendaraan angkut personel lapis baja atau  armoured personnel carriers (APC) M113A2 dan M113A2 Ultra yang ditingkatkan tetapi mulai beroperasi yang mulai beroperasi sejak 1970-an. Hunter juga akan beroperasi di samping Bionix II infantry fight vehicles (IFV).

Kendaraan baru telah dikembangkan oleh Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA) Singapura dalam kemitraan dengan ST Engineering Land Systems sejak 2006.

” AFV [Hunter] mewakili roh predator untuk merasakan, melacak, dan mengejar mangsanya,” kata Kepala Perwira Lapis Baja Brigadir Jenderal Yew Chee Leung saat briefing media. Dia mengungkapkan bahwa keluarga platform akan mencakup lima varian: yaitu combat, command, bridge, engineer dan recovery.

“Hunter bekerja secara kolektif sebagai paket untuk berburu dengan cara jaringan,” tambah Brigjen Yew sebagaimana dilaporkan Jane 11 Juni 2019.

“Kendaraan itu juga pelindung dan penyedia suku cadang, jadi kami percaya bahwa karakteristik ini menjadi pertanda baik dengan [kemampuannya] untuk bermanuver dan mengatasi setiap penyerang untuk mengamankan kemenangan yang cepat dan menentukan.”

Menurut spesifikasi terbaru yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Singapura, Hunter memiliki panjang 6,9 m, lebar 3,4 m, dan memiliki ketinggian keseluruhan 3,4 m.

Kendaraan dioperasikan oleh tiga awak yang terdiri dari seorang pengemudi yang duduk di kiri depan, sementara penembak dan komandan duduk bersebelahan di belakang powerpack. Hingga delapan pasukan dengan peralatan lengkap dapat diangkut di kompartemen belakang.

Facebook Comments