For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Moskow: Untuk Apa Amerika Tempatkan THAAD di Rumania?

THAAD

Rencana Amerika Serikat untuk menempatkan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Rumania mendapat perhatian dari Rusia. Moskow mempertanyakan kepentingan penempatan sistem canggih tersebut di dekat wilayahnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan bahwa Moskow sedang memantau penyebaran sistem THAAD tersebut.

“Kami memperhatikan ini dengan seksama. Ada pepatah Rusia yang mengatakan bahwa tidak ada yang lebih lama dari sementara. Ada pertanyaan tentang digunakan untuk apa sistem THAAD dan apa arti modernisasi fasilitas di Rumania,” kata Grushko kepada wartawan sebagaimana dikutip Sputnik Sabtu 13 April 2019.

Grushko menambahkan bahwa Moskow memandang negatif peningkatan aktivitas NATO di wilayah Laut Hitam, yang menghambat stabilitas di wilayah ini.

Wakil menteri luar negeri mencatat bahwa Moskow yakin bahwa keamanan di Laut Hitam harus dipastikan terutama melalui kerja sama negara-negara di kawasan itu.

Komando Eropa Amerika dalam siaran pers pada 11 April mengatakan bahwa Amerika Serikat akan mengerahkan THAAD di Rumania musim panas ini untuk mendukung NATO. Pengiriman ini bersifat sementara karena sistem pertahanan Aegis berbasis darat yang ada di negara tersebut sedang dalam perbaikan.

THAAD adalah sistem pertahanan anti- rudal balistik yang mencegat rudal balistik selama penerbangan tengah atau akhir, baik di dalam maupun di luar atmosfer Bumi.

Facebook Comments