For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Begini Cara Membongkar Rudal Nuklir Minuteman III

Rudal nuklir Minuteman III Amerika Serikat

Diperkenalkan pada awal 1970-an, Minuteman III membentuk komponen darat dari triad nuklir Amerika Serikat. Sebanyak 400 Minuteman III berbasis di silo beton tersebar di berbagai tempat diawaki oleh kru peluncuran Angkatan Udara. Muatan tepat Minuteman III adalah rahasia tetapi diyakini termasuk satu reentry vehicles Mk. 21 dengan hulu ledak termonuklir 300 hingga 475 kiloton.

Beberapa bagian relatif simpel untu dibongkar dan dihancurkan. Yang cukup rumit adalah bagian bahan bakar dan motor tahapan roket yang paling membutuhkan kerja. Hulu ledak adalah bagian pembuangan yang paling rumit, tentu saja karena keberadaan plutonium dan uranium yang sangat diperkaya.

Meskipun hulu ledak menggunakan sejumlah besar bahan peledak tinggi untuk memulai reaksi berantai di tahap utama fisi, bahan peledak itu “tidak sensitif,” yang berarti mereka sulit untuk meledak secara tidak sengaja.

Suatu hari, semua rudal Minuteman III akan dibongkar. Amerika bertujuan untuk mengganti Minuteman III dengan rudal baru yang tidak disebutkan namanya, meskipun ada proposal untuk memperbarui rudal yang ada.

Tidak seperti hulu ledak dalam video ini, hulu ledak Minuteman III yang membentuk persenjataan Amerika saat ini mungkin akan didaur ulang dalam beberapa bentuk untuk penggantian akhirnya — khususnya “lubang” plutonium.

Dan ternyata hal tersebut membutuhkan waktu yang panjang dan cukup rumit. Video yang dibuat Outrider Foundation ini menjelaskan langkah demi langkah bagaimana cara menghancurkan rudal balistik antarbenua Minuteman III, dari pembongkaran dan pembuangan sisi roket hingga muatan nuklir itu sendiri. Mari kita lihat gambarannya:

Facebook Comments