For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pengiriman Peralatan F-35 Turki Dihentikan, Amerika: Banyak Sanksi Lain Menunggu

Pemerintah Amerika memperingatkan Turki bahwa mereka dapat menghadapi lebih banyak konsekuensi termasuk sanksi untuk pembelian sistem pertahanan S-400 Rusia.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan kepada Sputnik sanksi itu bisa mengikuti penghentian pengiriman peralatan terkait F-35 ke Turki yang telah diambil Senin 1 April 2019.

“Kami telah dengan jelas memperingatkan Turki bahwa potensi akuisisi S-400 akan menghasilkan penilaian ulang atas partisipasi Turki dalam program F-35, dan risiko transfer senjata potensial lainnya di masa depan ke Turki, serta mengarah pada tindakan potensial di bawah  Countering America’s Adversaries through Sanctions Act (CAATSA) pada setiap entitas pemerintah, industri swasta, atau individu yang terlibat dalam transaksi semacam itu, ” kata pejabat itu kepada Sputnik.

Sebelumnya dilaporkan  Amerika Serikat menghentikan pengiriman peralatan terkait F-35 ke Turki terkait rencana negara itu untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Selama ini Turki masih bersikukuh untuk membatalkan pembelian S-400 yang sudah ditandatangani dengan Rusia pada Desember 2017.

Pada awal Maret 2019, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali bahwa kesepakatan dengan Rusia mengenai S-400 telah selesai dan mengatakan kesepakatan baru tentang pembelian sistem S-500 buatan Rusia yang canggih dapat dimungkinkan di masa depan.

Facebook Comments