For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Lockheed Martin Tawarkan F-21 untuk India, Jet Tempur Apa Ini?

Desain art F-21

Lockheed Martin, menawarkan kepada India sebuah jet tempur baru yang disebut F-21 dan akan dibuat di India. Penawaran ini sebagai upaya untuk merebut rencana pengadaan jet tempur senilai lebih dari US$15 miliar atau sekitar Rp210,6 triliun.

Perusahaan produksi pertahanan Amerika Serikat itu sebelumnya menawarkan pesawat tempur F-16, yang digunakan oleh berbagai negara di dunia, untuk mengikuti kompetisi yang sedang digelar Angkatan Udara India bagi pembuatan 114 pesawat yang akan diproduksi di India.

Namun Lockheed, yang menyampaikan rencana tersebut pada pameran dirgantara di kota selatan Bengaluru, mengatakan pihaknya menawarkan India sebuah pesawat baru yang dirancang berdasarkan kebutuhan negara itu.

Namun perusahaan ini belum merinci lebih lanjut tentang jet tempur tersebut. Namun berdasarkan video yang dirilis, jet tempur F-21 memiliki kemiripan dengan F-16. Jet tempur ini juga akan menggunakan satu mesin.

Pesawat juga menggunakan tangki bahan bakar konformal yang digunakan pada F-16 Block 60. Meski demikian Lockheed memastikan jet tempur ini benar-benar beda dan baru. “F-21 ini beda, baik di dalam maupun luarnya,” kata Vivek Lall, Wakil Kepala Strategi dan Pengembangan Bisnis Lockheed Martin Aeronautics, dalam pernyataan yang dilansir Economic Times India Rabu 20 Februari 2019.

Lockheed Martin akan membuat pesawat tersebut bersama Tata Advanced Systems, kata perusahaan itu.

Lockheed saat ini bersaing dengan jet tempur F/A-18 buatan Boeing, Gripen buatan Saab, Rafale buatan Dassault Aviation, Eurofighter Typhoon dan sebuah pesawat Rusia untuk pesanan angkatan udara.

Facebook Comments