For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Type 091, Jatuh Bangun Kapal Selam Nuklir Pertama China

Seperti dilaporkan sebelumnya media pemerintah China merilis video hitam putih langka yang menunjukkan kapal selam nuklir pertama mereka yang dikenal sebagai  Changzheng-1 atau Type 091. Kapal selam ini sebenarnya menemui banyak kendala dan masalah, tetapi tetap menjadi tonggak penting dari pengembangan teknologi kapal selam China.

Pada tahun 1974, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat  menerima pengiriman kapal selam bertenaga nuklir pertama yang dibangun di dalam negeri. Sebuah ambisi panjang dari  Mao akhirnya berakhir dengan desain yang mengecewakan. Meski demikian kapal selam Type-091 Kelas Han tetap menjadi sebuah tonggak penting karena menjadi kapal selam nuklir pertama yang dibangun di Asia.

Menurut sejarawan Benjamin Lai, penulis buku The Dragon’s Teeth,  China pertama menyatakan minat  mengembangkan kapal selam rudal nuklir pada awal tahun 1958. Proyek ini kemudian terhenti selama beberapa tahun, periode bertepatan dengan Great Leap Forward,  tetapi dihidupkan kembali pada tahun 1965.

Beijing akhirnya memutuskan melakukan pendekatan yang lebih pragmatis, membangun kapal selam serangan pertama dan  kemudian kapal selam rudal. Alasannya adalah bahwa untuk menghasilkan kapal selam serangan, China hanya perlu menguasai teknologi reaktor untuk menjadi sukses, sementara kapal selam rudal balistik nuklir memerlukan penguasaan reaktor, rudal dan sistem peluncuran bawah air.

Dalam banyak hal,  strategi sejajar dengan upaya Amerika untuk membangun SSBN dengan membangun kapal selam serang nuklir Kelas  Skipjack  dan kemudian diubah menjadi kapal selam pembawa rudal Kelas  George Washington.

Industri pertahanan China mulai bekerja, dengan desainer Peng Shilu awalnya memimpin upaya ini. Akhirnya perannya akan diambil alih oleh Huang Xuhua, yang kemudian bekerja pada kapal selam rudal balistik Type 092.

Berbeda dengan Amerika, yang membangun kapal selam kelas dunia dan  pertama yang memanfaatkan propulsi nuklir bawah laut, China memiliki  sebuah kelemahan teknologi yang serius. Yang kemudian terlihat jelas dalam kapal selam Type 091.

Diproduksi di Shipyards Bohai di Huludao, pembangunan kapal selam dengan nomor lambung  401 dimulai  pada tahun 1968 dan selesai pada tahun 1974. Empat kapal selam mengikuti dan  terakhir selesai pada tahun 1991.

Menurut the authoritative Combat Fleets of the World, kapal selam Angkatan Laut China dikenal sebagai  “hiu tanpa gigi.” Secara keseluruhan, butuh 21 tahun untuk menyelesaikan hanya lima kapal selam.

Type 091 memiliki bobot 5.500 ton saat tenggelam dengan  panjang sekitar 321 kaki dan lebar 32 kaki. Perahu memiliki layar besar mengingatkan pada kapal selam Type 636 kelas Kilo Soviet.

NEXT: 20 TAHUN DI BELAKANG AMERIKA

Facebook Comments