India Hampir Sepakat Sewa Satu Lagi Kapal Selam Akula Rusia

INS Chakra, kapal selam kelas akula yang disewa India

Angkatan Laut dan Kementerian Pertahanan India hampir sepakat untuk menyewa satu lagi kapal selam kelas Akula dari Rusia senilai US$ 3,3 miliar.

India Today melaporkan sebuah delegasi angkatan laut yang dipimpin oleh Vice Admiral Soonil V Bhokare baru-baru ini bertemu dengan pejabat dari divisi keuangan kementerian pertahanan dan kedua belah pihak memberikan acungan jempol kepada proposal tersebut. Keputusan itu akan segera disampaikan ke pihak Rusia.

“Angkatan Laut India ingin memiliki kapal selam yang dimaksudkan pada 2023 tetapi modernisasi kapal selam untuk memenuhi kebutuhan India termasuk torpedo dan rudal serangan darat akan membutuhkan lebih banyak waktu,” kata seorang yang akrab dengan pengembangan itu kepada Sputnik.

Seperti yang dilaporkan Sputnik pada 26 November, Kepala Angkatan Laut India Laksamana Sunil Lanba selama empat hari kunjungannya ke Rusia telah berdiskusi dengan Moskow mengenai produksi bersama kapal selam konvensional di galangan kapal India dan penyewaan kapal selam kelas Akula.

Sebelum kunjungan Admiral Lanba, delegasi Angkatan Laut India mengunjungi galangan kapal Rusia dan memeriksa dua kapal selam kelas Akula, Bratsk, dan Samara, untuk memilih salah satu yang akan disewa.

Saat ini, Angkatan Laut India memiliki total 13 kapal selam konvensional ditambah satu kapal selam nuklir kelas Arihant yang diproduksi di dalam negeri dan satu kapal selam kelas Akula yang disewa dari Rusia.

Kementerian Pertahanan India percaya lebih dari 24 kapal selam diperlukan untuk melawan pengaruh China yang tumbuh di Wilayah Samudera Hindia.  Selain itu Pakistan meski memiliki garis pantai yang cukup pendek juga meningkatkan armada kapal selam mereka dengan menambahkan delapan kapal selam produksi China ke Angkatan Laut mereka.

Facebook Comments

error: Content is protected !!