Hari Pertama Setelah Dilantik, Presiden Meksiko Jual Pesawat Kepresidenan

Pesawat kepresidenan Meksiko / Gobierno de México

Hari pertama setelah dilantik Presiden Meksiko yang baru Andrés Manuel López Obrador langsung menjual pesawat kepresidenan Boeing 787-8 Dreamliner TP-01 “José María Morelos y Pavón” yang dioperasikan Angkatan Udara Negara tersebut.

Pada Minggu 2 Desember 2018, Carlos Urzua, Menteri Keuangan yang baru, mengadakan konferensi pers di Mexico City  dan perwakilan media dapat mengamati pesawat Boeing 787 tersebut tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam, untuk mendapatkan sekilas tentang konfigurasi VIP. Terlihat pesawta memiliki monitor layar datar di ruang rapat eksekutif, kamar tidur presidensial, dan apa yang tampak seperti kamar mandi berlapis marmer.

“Kami menjual semua pesawat dan helikopter yang digunakan oleh politisi korup,” kata Presiden baru dalam unjuk rasa di Xalapa, Veracruz di hari pertamanya sebagai presiden Meksiko sebagaimana dikutip France24.  Memang, penjualan TP-01 adalah salah satu janji Obrador selama kampanyenya.

Pesawat, dianggap sebagai “pelanggaran terhadap rakyat ” dan simbol nasional yang “mewah dan konyol.”  Pesawat dibeli pada akhir 2012 dengan biaya diperkirakan mencapai US$370 juta.

Pesawat ini akan dijual bersama dengan 60 pesawat pemerintah dan 70 helikopter yang lain. Menurut laporan, pesawat akan dikirim ke Victorville di California Selatan pada 3 Desember sambil menunggu pemilik baru.

Menariknya, Pemerintah Meksiko memposting semacam lelang di halaman FB mereka dengan foto dan teks yang secara kasar yang bisa diterjemahkan sebagai berikut: “Ini akan pergi ke California dan dijual! Jenis pesawat: Presidential, Type: Boeing 787 Dreamliner; Hampir baru; Sangat Mewah.”

Kisah dan takdir Dreamliner Meksiko mirip dengan salah satu A340-500 Italia. Pesawat ini disewa oleh Pemerintah Italia pada tahun 2015 dari Etihad Airways dengan biaya sekitar 150 juta Euro selama 8 tahun, termasuk 20 juta untuk mengkonfigurasikannya. Pesawat digunakan untuk menggantikan A319CJ yang sudah tua yang tugasnya adalah membawa Perdana Menteri Italia, Kepala Negara dan pejabat pemerintahan lain ke berbagai negara.

Facebook Comments

error: Content is protected !!