Kapalnya Diganggu Su-24, F-16 Belgia Balas dengan Cegat Su-27 Rusia

Angkatan Udara Belgia melaporkan bahwa jet tempur F-16 Fighting Falcon mereka yang dikerahkan di Baltik, telah mencegat pesawat Su-27 Flanker Rusia.

“Kemarin, F-16 Angkatan Udara Belgia yang saat ini dikerahkan di Wilayah Baltik untuk menjaga integritas wilayah udara NATO, mencegat jet tempur Flanker Rusia yang terbang tanpa rencana penerbangan. Misi kami adalah melindungi keamanan Anda, ini adalah misi kami untuk melindungi keamanan Anda, ” kata Angkatan Udara Belgia dalam sebuah pernyataan Sabtu 30 November 2018.

Pengumuman itu tidak menyebutkan berapa banyak pesawat Rusia dikawal oleh jet tempur Belgia atau tepatnya terjadi di mana.

Insiden itu menyusul penerbangan yang dilaporkan dari dua pesawat pembom Su-24 Fencer Rusia di atas kapal Angkatan Laut Belgia di wilayah Laut Baltik Kamis 22 November 2018 lalu.

Pada 22 November, pembom garis depan Su-24 Rusia melayang di atas dua frigat Angkatan Laut Belgia, melakukan manuver pada jarak yang sangat dekat.

Kapal-kapal Belgia terlibat dalam latihan maritim NATO pada saat itu. Selain itu, kapal selam Rusia berlayar tidak jauh dari salah satu frigat Belgia. Kapal Rusia tidak melakukan tindakan agresif, tetapi para kru mengambil foto kapal-kapal Belgia.

Facebook Comments

error: Content is protected !!