JF-17 Thunder Vs Tejas, Mari Bandingkan

tejas_jpg_1729628f

Sistem Propulsi

Meskipun mesin F414 Tejas ‘unggul dalam hal fungsi, daya tahan dan umur mesin RD93 yang Thunder, tetapi mesin ini juga jauh lebih mahal. Pilihan mesin telah bermasalah dalam pengembangan kedua pesawat.

Xiaolong memiliki pilihan dari F404 yang umum digunakan, Pratt & Whitney PW1216, Turbo-Uni RB199, dengan Snecma M88 dan RD33 Rusia.

Setelah mempertimbangkan parameter yang berbeda, seperti radius tempur, penyimpanan eksternal dan fleksibilitas, mereka memilih RD-93 turbofan afterburning karena penyerapan bahan bakar rendah dan harga yang wajar.

JF-17

RD-93 adalah varian dari RD-33 dikembangkan secara khusus untuk Xiaolong, perubahan utama adalah reposisi gearbox sepanjang bagian bawah casing mesin dan kontrol turbin mekanik.

Dengan daya dorong militer 50 kiloNewtons (kN) dan 81,3 kN dorong dengan afterburner. Berat lepas landas kotor normal 9,1.

Rencana awal untuk LCA Tejas akan dilengkapi dengan mesin turbofan GTRE GTX-35VS Kaveri, namun pengembangan mesin menemukan masalah, sehingga mereka harus mengadopsi F414 sebagai gantinya. Mesin ini dikembangkan atas dasar dari General Electric F404 dan memiliki kompresor aksial dengan tiga kipas dan tujuh tahap kompresor dan turbin dengan satu tekanan rendah dan satu tahap tekanan tinggi.

Dibandingkan dengan F404 ini, F414 memiliki daya dorong 35% lebih banyak yakni 60 kN dan 98 kN dengan afterburner. Dengan demikian mesin Tejas lebih baik dibandingkan RD-93 Xialong.

JF-17

Avionik

Sistem avionik LCA Tejas ‘memiliki desain top-down dan menggunakan line-replaceable unit technology, memastikan koordinasi yang bagus.

Sistem avionik Tejas ‘dirancang oleh Perancis, dengan tiga bus serial 1553B dan dua komputer misi tinggi 32 bit throughput terpusat, termasuk subsistem komunikasi, subsistem misi, sistem pertahanan diri dan bimbingan dan penerbangan sistem.

Menggunakan sistem radar ELTA EL / M2032, yang bekerja di kisaran X-band, dirancang untuk misi udara ke udara dan misi serangan darat. Efektif dalam kisaran 37-75 km.

Avionik Xiaolong juga memiliki desain top-down, dengan komputer onboard dan serial bus 1553B, mengintegrasikan beberapa sistem, termasuk display kokpit dan sistem kontrol, sistem manajemen tugas dan sistem pengendalian penembakan. Hal ini dilengkapi dengan teknologi navigasi otonom dan dapat menyerang target darat, udara dan laut, pelacakan saat memindai.

Pesawat ini dapat dilengkapi dengan KLJ-7 X-band fire dan radar kontrol, misalnya, yang memiliki mode mampu melacak 14 target udara dan darat dan memilih 10 target di trek dan modus scan. Juga dapat melepaskan serangan di dua target secara bersamaan. Untuk target dari 5 meter persegi, jangkauan di mode pencarian look-down adalah 105 km dan 85 km dalam mode tampilan-down.

NEXT: PENGENDALIAN PENERBANGAN & KEMAMPUAN TEMPUR

Facebook Comments

error: Content is protected !!