For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Apa Sebenarnya Yang Dimaksud Kelompok Tempur Kapal Induk Itu?

Kapal induk hampir pasti tidak pernah beroperasi sendirian. Ke manapun dia berlayar  akan selalu disertai dengan segerombolan kapal lain yang kemudian dikenal dengan istilah kelompok tempur.

Kenapa harus demikian? Bukankah kapal induk merupakan kapal dengan teknologi tinggi? Jawabannya justru itu. Kapal induk merupakan kapal supermahal dengan teknologi tinggi. Merupakan risiko tinggi untuk melepas kapal ini sendirian di tengah lautan.

Sehingga kelompok tempur menjadi bagian penting untuk melindungi kapal induk sekaligus sebagai bagian kemampuan gempur mereka terhadap lawan.

Sebuah kapal induk memungkinkan angkatan laut Amerika untuk memindahkan seluruh bandara, bersama dengan 70 sampai 80 jet tempur, pebom dan pesawat dukungan, di mana saja di dunia di mana ada lautan.

Kemampuan ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa Amerika Serikat, karena tidak ada kebutuhan untuk perjanjian atau izin dari negara lain mengingat mereka beroperasi di perairan internasional.

Dengan kecepatan sekitar 700 mil laut per hari dan basis di pantai timur Amerika Serikat dan di Hawaii, kapal induk dapat tiba di manapun di dunia dalam waktu kurang dari dua minggu.

Karena begitu berharga, kapal induk juga akan menjadi target yang diincar oleh musuh. Apalagi dengan bentuknya yang besar menjadikan mereka adalah target yang sangat jelas bagi pasukan musuh.

Kapal induk juga besar dan tidak mungkin untuk menyembunyikan diri dengan aman. Untuk itulah kapal induk selalu dikawal dengan kapal lain.

Lantas apa saja yang tergabung dalam kelompok tempur kapal induk? Untuk lebih mudahnya kita akan mengacu pada Amerika yang memiliki kapal induk terbanyak di dunia. Kelompok tempur ini juga diadopsi dengan tidak jauh beda oleh negara lain pemilik kapal induk.

Lalu kapal apa saja yang biasanya  bergabung dalam kelompok tempur ini? masing-masing negara biasanya berbeda-beda. Kita akan mengambil contoh kelompok tempur kapal induk Amerika yang bagaimanapun paling lengkap dibanding negara lain.

Angkatan Laut Amerika membentuk kelompok tempur kapal induk berdasarkan misi. Oleh karena itu, tidak ada dua kelompok tempur yang sama. Bisa berubah-ubah setiap saat. Namun, kelompok pembawa pertempuran khas terdiri dari kapal berikut:

Penjelajah Kelas Ticonderoga Amerika

Dua kapal penjelajah dipandu-rudal

Ini adalah kapal ofensif sarat dengan rudal jelajah untuk menyerang sasaran tanah. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menangkis serangan udara dan juga anti-kapal maupun anti-kapal selam. Penjelajah Kelas Ticonderoga akan selalu ada dalam kelompok tempur ini.

 

Dua kapal perusak

Lebih untuk memenuhi kebutuhan pertahanan atau defensif. Mereka bertugas untuk melawan serangan kapal selam maupun pesawat. Kelas Arleig Burke mengisi kekuatan ini.

Frigat Kelas Perry

Satu frigat

Frigat ini digunakan untuk pertahanan anti-kapal selam termasuk memburu dan menghancurkan. Namun saat ini Angkatan Laut Amerika tidak memiliki frigat jadi jenis kapal ini tidak ada lagi di kelompok tempur kapal induk mereka.

Kapal Selam Kelas Los Angeles

Dua kapal selam

Kapal selam adalah kapal defensif yang dapat menyerang kapal musuh dan kapal selam. Mereka yang bergabung di kelompok tempur ini adalah jenis kapal selam serang. Bisa Kelas Los Angeles, bisa kelas Virginia. Namun hampir pasti buka kapal induk rudal balistik Kelas Ohio.

 

Kapal pasokan logistik

Kapal pasokan membawa bahan bakar, makanan dan amunisi untuk seluruh anggota kelompok tempur kapal induk.

Sayap Udara

Kapal induk tanpa sayap udara sama sekali tidak akan berguna karena fungsi kapal induk sebenarnya adalah pangkalan udara mengapung. Kapal induk akan membawa berbagai jenis pesawat seperti jet tempur, pesawat komando udara dan intelijen, pesawat transportasi dan kargo serta helikopter dengan berbagai peran.

Mungkin ada kapal lain yang masuk dalam kelompok tempur misalnya masuknya kapal amfibi untuk marinir, kapal kargo yang membawa tank dan peralatan lainnya, penyapu ranjau, dll Itu semua tergantung pada misi.

 

Facebook Comments