Dari Jet Tempur Hingga Kapal Selam, Inilah Head to Head Kekuatan Amerika, Rusia, China

M1A2 Abrams
M1A2 Abrams
TANK

Angkatan Darat Amerika menerjunkan pertama M-1 Abrams pada tahun 1980. Tapi tank telah mengalami begitu banyak upgrade, termasuk untuk sistem armor, drivetrain, dan senjata. M-1A2SEPV3 merupakan varian terbaru yang disebut-sebut hampir seluruh teknologinya baru.

Tank memiliki meriam utama 120mm, elektronik baru, stasiun senjata yang dioperasikan jarak jauh, dan konfigurasi armor yang menggabungkan uranium, kevlar, reaktif, dan lapisan baja Chobham.

M-1A2SEPV3 menawarkan navigasi inersia yang lebih baik untuk mencapai apa yang Kotchman gambarkan sebagai dispersi putaran yang lebih baik. Dengan kata lain, meningkatkan akurasi senapan utama. ¬†Ada juga data-link untuk amunisi yang dapat diprogram, membuat SEPV3 kompatibel dengan putaran meriam baru yang “cerdas” yang mulai memasuki gudang senjata Angkatan Darat.

T-90A

Rusia sudah membangun T-14 dari platform Armata, tetapi juga tidak jelas kapan akan masuk layanan dan diproduksi masal. Bebrapa kali jadwal yang disebutkan telah terlewati. Akibatnya Moskow masih bergantung pada T-90A, yang tetap merupakan tank mengagumkan.

Tank ini bahkan terbukti mampu melawan hentakan rudal TOW buatan Amerika di Suriah. Awalnya diterjunkan pada tahun 2004, T-90A memiliki autoloader, baja reaktif, senapan mesin yang dioperasikan dari jarak jauh, dan meriam 125mm. Kru juga dapat menembakkan peluru kendali anti-tank dari meriam utama.

tank china 7

Seperti Rusia, China memiliki beberapa varietas tank dan memiliki beberapa tank baru dalam pengembangan. Tank terbaru China adalah Type 99 yang memiliki fitur gun smoothbore 125mm dengan auto-loader yang juga dapat menembakkan rudal.

Tank telah ditingkatkan dengan baja reaktif dan dianggap hampir sama dengan tank barat dan Rusia dalam hal survivable.

Kemungkinan Pemenang: Jika terjadi pertempuran tank satu lawan satu akan terjadi kekuatan yang seimbang, Tetapi Amerika memiliki lebih banyak tank top-tier dan sejarah pertempuran tank yang lebih baik serta pelatihan kru yang tinggi.

NEXT: KAPAL PERMUKAAN DAN KAPAL SELAM
Facebook Comments

error: Content is protected !!