For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dari Jet Tempur Hingga Kapal Selam, Inilah Head to Head Kekuatan Amerika, Rusia, China

Su-57

Amerika Serikat, Rusia dan China telah menjadi tiga negara yang terus bersaing dalam membangun kekuatan militernya.

Fakta yang tidak bisa dipungkiri Amerika memiliki hubungan tidak nyaman dengan dua negara lain. Rusia adu argumen di Eropa Timur dan Timur Tengah dengan Amerika, sementara di Pasifik China terus menantang Amerika.

Pertanyaannya adalah jika mereka berperang sekarang siapa yang unggul? Kita akan membahas di empat kategori yakni jet tempur siluman, tank, kapal permukaan dan kapal selam.

Tetapi yang perlu diingat pembahasan hanya membatasi pada jumlah dan kemampuan platform dengan tidak mempertimbangkan strategi secara keseluruhan.

Jet Tempur Siluman

F-22 Raptor
F-22 Raptor

Amerika harus diakui lebih dulu masuk dalam pembangunan pesawat tempur siluman generasi kelima dengan Rusia dan China sedang berkejaran untuk menyusul Amerika. Amerika memang hanya memiliki 187 F-22, dan sejumlah F-35 juga telah masuk operasional .

J-20
J-20

Sementara itu, China sedang mengembangkan dua pesawat siluman. J-20 telah masuk operasional dan memasuki produksi skala penuh yang mungkin akan setanding dengan F-35 atau bisa jadi F-22.

Rumor mucul China juga mengembangkan desain baru pesawat siluman yang disebut sebagai J-23 dan J-25 namun belum ada konfirmasi jelas.

T-50
T-50

Rusia sedang mengembangkan satu pesawat tempur siluman yang sejumlah pihak menempatkannya sejajar dengan F-22. Jet tempur yang awalnya dikenal sebagai T-50 dan kini diberi kode Su-75 ini masih dalam pengujian dan direncanakan akan masuk layanan pada 2019. Sebuah jadwal yang berulang kali mundur.

Rusia memang menghadapi sejumlah kendala pengembangan pesawat ini baik teknis maupun biaya. Pada tahap awal Angkatan Udara Rusia akan membeli 12 jet tempur yang kemungkinan adalah prototip pesawat yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian. Jadi tidak membangun pesawat yang benar-benar baru.

F-22 kemungkinan akan bisa berada di depan pesawat Rusia ketika masuk dalam pertempuran tetapi akan menghadapi masalah serius jika dia bisa dideteksi pertama oleh Su-50.

Kemungkinan pemenang: Raptor yang sudah begitu matang dan telah mengalami sejumlah upgrade akan menjadi nilai penting untuk unggul melawan Rusia dan China. Sehingga dalam kategori ini Amerika memegang kendali.

NEXT: TANK
Facebook Comments