F-16N, Si Falcon Bandit

Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon adalah pesawat tempur paling produktif dalam 40 tahun terakhir.

Bahkan rudal udara ke udara jarak jauh seperti AIM-7 Sparrow dan AIM-120 AMRAAM, telah terintegrasi di F-16 sejak tahun 1986. Viper (sebutan F-16 di kalangan pilot) lahir sebagai respons terhadap Program LWF (Light Weight Fighter), untuk melahirkan sebuah petempur kecil yang lincah.

Program ini dilahirkan karena Angkatan Udara Amerika membutuhkan pesawat kecil, murah dan bermanuver untuk mengapit F-15 Eagle, pesawat dengan superioritas tempur udara guna  menghadapi jet tempur kecil Soviet, seperti MiG-21 dalam pertempuran jarak dekat.

Viper memang bisa bermanuver terhadap setiap lawan. Pesawat ini telah terbukti ideal mengambil peran sebagai musuh atau aggressor. Sebuah kelompok pesawat yang ada dalam program pelatihan Angkatan Udara AS dan Angkatan Laut Amerika Serikat. Dan boleh dibilang versi terbaik dari jet tempur Falcon dalam memainkan peran bandit atau aggressor adalah F-16N.

Lahir dalam menanggapi kebutuhan Angkatan Laut untuk menggantikan armada penuaan A-4 Skyhawks dan F-5 Tiger, F-16N adalah F-16C Block 30 dengan mesin General Electric F110-GE-100.

F-16N-Giovanni-Colla-706x445

F-16N ini biasanya dilengkapi dengan pod Air Combat Manuver Instrumentasi (ACMI) pada ujung sayap kanan dan sepenuhnya mensimulasikan musuh. Selain itu juga membawa Radar Warning Receiver (RWR) ALR-69 dan flare ALE-40.

Untuk mengurangi berat, beberapa senjata seperti rudal udara ke udara dihapus meskipun mempertahankan radar APG-66 dari model F-16A / B.

Sebanyak 22 F-16N dua kursi  dan empat TF-16N dua kursi disampaikan di akhir 1980-an untuk Angkatan Laut dan empat unit terbang sebagai VF-126 Bandit dan Fighter Weapons School yang keduanya berbasis di Naval Air Station (NAS) Miramar, VF-45 Blackbirds berbasis di NAS Key West dan VF-43 Challengers berbasis di NAS Oceana.

Dalam buku berjudul Adversary America’s Aggressor Fighter Squadrons yang ditulis Rick Llinares & Chuck Lloyd, karena Angkatan Laut AS tidak memiliki Fulcrum atau Flanker, F-16N adalah petarung terbaik untuk meniru pesawat generasi keempat Rusia.

F-14 dan F / A-18 akan mendapatkan sparing partner yang tangguh dalam latihan tempur udara jarak pendek. Bagaimana kegesitan F-16N dalam membingungkan Tomcat bisa dilihat di video ini.

Facebook Comments

error: Content is protected !!