For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

4 Angkatan Laut Ini Pernah Jadi Yang Terkuat di Dunia

Tak terhitung jumlahnya angkatan laut dalam 3.000 tahun terakhir sejarah manusia. Kekuatan laut dibangun untuk memberikan keamanan dan memperluas pengaruh nasional.

Angkatan laut telah menjadi kekuatan penting untuk sebuah negara baik untuk kepentingan mengamankan jalur perdagangan ataupun untuk memperluas koloni mereka. Laut menjadi benteng setiap negara yang untuk bisa mendobraknya membutuhkan kekuatan kapal dalam jumlah besar.

Jika bicara masa sekarang, sulit untuk dibantah Amerika merupakan negara dengan angkatan laut terkuat di dunia.  Angkatan Laut Amerika Serikat tahun 1945 memenangkan dua perang samudra. Di Pasifik, Jepang yang telah menguasai  Kepulauan Solomon dipukul mundurharus. Sedangkan di Atlantik Angkatan Laut AS bertanggung jawab untuk mengurangi ancaman U-boat dan melakukan invasi Afrika Utara, Italia, dan Perancis.

Setelah Pearl Harbor, industri galangan kapal Amerika melonjak untuk mengganti kerusakan akibat perang. Kekuatan Angkatan Laut AS tumbuh dari 790 kapal pada bulan Desember 1941 menjadi 6.768 kapal pada bulan Agustus 1945. Angkatan Laut memiliki 17 kapal perang, 7 armada operator, 171 kapal perusak dan kapal selam 112, 23 kapal perang, 28 kapal induk, 377 kapal perusak, dan 232 kapal selam.

Tetapi sebelum Amerika, banyak negara yang silih berganti menjadi raja laut. Dan inilah empat angkatan laut yang pernah menjadi paling kuat di eranya.

Kapal triremes

Angkatan Laut Yunani (480 SM)

Angkatan Laut Yunani pada saat invasi Persia kedua bukanlah yang terbesar di dunia. Namun mereka berhasil menciptakan kemenengan. Kekaisaran Persia kala menciptakan angkatan laut dari negara-negara pelaut yang ditaklukkan.

Pasukan multinasional ini termasuk Fenisia, Mesir, Siprus, dan pelaut dari berbagai belahan Yunani dan Asia Kecil. Armada Persia mencapai 1.207 triremes – kapal perang oared standar waktu  itu. Namun mereka tidak berhasil membekuk Yunani dan kalah dalam pertempuran Salamis di Artemisium.

Orang-orang Yunani, yang dipimpin oleh Athena dan Sparta, mengumpulkan kekuatan 381 triremes. Meskipun kalah jumlah , Angkatan Laut Yunani di Salamis berhasil merusak dan memaksa Angkatan Laut Persia mundur.

Kemenangan angkatan laut Yunani di Salamis memiliki dua efek penting. Pertama, Angkatan Lau  Yunani melindungi sisi laut Yunani, mencegah Xerxes dan pasukannya melakukan pendaratan amfibi. Kedua, kerusakan Persia yang cukup signifikan menjadi dasar bagi Xerxes memerintahkan penarikan angkatan laut, dan invasi dihentikan.

Angkatan Laut China (1433)

Angkatan Laut China dari abad ke-15 adalah yang paling kuat di dunia. Dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho, Angkatan Laut Chinamelakukan tujuh pelayaran di sekitar Samudera Hindia.

Dinasti Ming memiliki agenda untuk mencari dan mengamankan rute perdagangan untuk impor barang mewah dan bahan baku ke China. Maka dilakukanlah ekspedisi laut besar-besaran. Ekspedisi menggunakan 317 kapal, jumlah yang luar biasa kala itu (bahkan untuk sekarang).

Dari jumlah itu 60 di antaranya disebut sebagai “kapal harta karun” dengan panjang lebih dari 400 kaki, lebar 160 kaki, dengan sembilan tiang dan 12layar. Secara keseluruhan Ming melakukan tujuh ekspedisi. Ruang lingkup perjalanan armada, termasuk Asia Tenggara, India, Tanduk Afrika dan Teluk Persia.

Perselisihan internal akhirnya mengarahkan pada akhir Dinasti Ming dan ekspedisi hebat tu. Bahkan akhirnya Chinatidak pernah lagi memiliki armada laut yang kuat.

NEXT
Facebook Comments