For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Depot Amunisi Ukraina Kembali Meledak, Area 20 Km Dikosongkan

Sebuah depot amunisi dekat kota Chernigov di Ukraina, 176 kilometer timur ibukota Kiev, meledak dan terbakar dahsyat pada Selasa 9 Oktober 2018.

Ledakan ini memaksa lebih dari 10.000 orang dievakuasi dari daerah itu. Laporan pertama ledakan di gudang senjata di kota Ichnia datang sekitar pukul 03.30 pagi. Lima depo gudang senjata habis ditelan oleh api pada sore hari.

Menurut sejumlah saksi ledakan kuat menghancurkan pintu dan jendela di daerah terdekat. Orang-orang yang ketakutan telah memposting gambar langit malam yang diterangi oleh ledakan-ledakan yang terlihat.

Lebih dari 60 orang dilaporkan datang ke rumah sakit setempat mencari bantuan. Namun, militer Ukraina menyatakan tidak ada korban di antara pasukan dan warga sipil.

CBC melaporkan, lebih dari 12.000 orang telah dievakuasi dari sekitar 30 kota di daerah yang terkena bencana. Ruang udara dalam jarak 20 km (12 mil) dari depot telah ditutup, sementara lalu lintas kereta api dan lalu lintas untuk sementara dikunci.

Militer mengerahkan tank pemadam kebakaran untuk melawan kobaran api dan mengirim empat lagi ke TKP. Petugas layanan darurat, polisi nasional dan Garda Nasional semuanya telah diberitahu.

Dinas Keamanan Ukraina  menyebut sabotase sebagai penjelasan yang mungkin untuk insiden tersebut. Sementara itu, jaksa mengatakan bahwa kelalaian petugas dapat menyebabkan konsekuensi serius.

Ukraina telah di masa lalu menunjuk jari di Rusia untuk insiden seperti hubungan antara kedua negara telah jatuh setelah aneksasi Moskow Crimea pada tahun 2014 dan dukungan untuk pasukan separatis di wilayah Donbass.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Rodion Tymoshenko ¬†mengatakan fakta ledakan ledakan yang terjadi dalam interval pendek di berbagai bagian depot juga mengarah ke sabotase. “Dua ledakan terjadi serentak, dan setelah lima menit dua ledakan lagi [di bagian lain dari depot] menunjukkan itu adalah sabotase militer,” kata Rodion Tymoshenko pada suatu taklimat.

Ini bukan pertama kalinya gudang persenjataan terbakar di Ukraina. Pada bulan Maret area teknis bekas gudang senjata militer di Balakleya. Kota ini memiliki gudang senjata terbesar di Ukraina dan salah satu yang terbesar di Eropa yang juga terbakar hebat pada 2017.

 

Baca juga:

2 Tahun, 4 Gudang Amunisi Meledak, Kemampuan Tempur Ukraina Hancur

Facebook Comments