For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Inilah Tiga Kapal Selam Rusia Yang Dikhawatirkan Amerika

Kapal Selam Monomakh
Kapal Selam Monomakh

KAPAL SELAM KELAS BOREI

Saat Fogo menyebut Dolgoruky sebenarya dia mengacu pada kapal selam Yury Dolgoruky, kapal selam pertama dari Kelas Borei. Nama ini melambangkan angin badai utara dalam metodologi Yunani. Namun, daerah operasional ini kapal selam strategis tidak terbatas hanya untuk lintang utara karena ini adalah kapal selam penjelajah rudal yang mampu beroperasi di manapun dari planet ini.

Kapal selam kelas Borei menjadi proyek terobosan Rusia. Pengembang Borei telah berhasil mencapai kemampuan siluman maksimum kapal selam dengan menggunakan baling-baling hidrolik yang ditempatkan dalam cincin nosel khusus dan beroperasi seperti pompa air penerima aliran sungai .

Lambung kapal selam dirakit dari blok sementara semua peralatan yang terpasang pada peredam kejut yang memisahkan antar blok dengan lambung, sehingga semakin mengurangi tingkat kebisingan kapal ketika bergerak di bawah air.

Selain itu, semua sonar kapal selam bersatu ke dalam sistem digital tunggal otomatis, yang keduanya mencari target dan fungsi lain seperti mengukur ketebalan es dan mencari bukaan es.

Menurut beberapa data, sistem sonar yang dipasang di kapal selam Yury Dolgoruky lebih unggul dibanding peralatan serupa yang dimilik Kelas Virginia Amerika.

Ini berarti bahwa kapal selam Borei kelas dapat mendeteksi target di bawah air sementara tinggal di luar jangkauan dari sonar yang digunakan oleh kapal-kapal perang musuh. Kapal selam kelas ini dipersenjatai dengan rudal balistik antarbenua Bulava. Karakteristik dari ICBM Bulava sendiri masih menjadi rahasia.

Angkatan Laut Rusia saat ini mengoperasikan tiga kapal selam dari kelas ini.  Yury Dolgoruky sebagai kapal kapal selam pertama yang masuk layanan Angkatan Laut Rusia sejak 2013. Sementara kapal selam Alexander Nevsky dibangun di bawah Proyek 09.551 dan operasional di Angkatan Laut Rusia sejak 2013. Kapal selam Vladimir Monomakh dibangun di bawah Proyek 09.551 dan operasional sejak 2014.

Kapal selam penjelajah nuklir berikutnya yang sedang dibangun adalah di bawah Proyek 09.552 Borei-A. Mereka memiliki kemampuan siluman yang lebih baik, peralatan elektronik yang lebih canggih dan lebih nyaman untuk kru.

Kapal selam kelas Borei akan menjadi andalan angkatan laut dari kekuatan nuklir strategis Rusia dalam beberapa dekade mendatang. Pada tahun 2020-an, Armada Pasifik Rusia akan menerima dua kapal selam bersenjata dengan Bulava ICBM ini.

NEXT
Facebook Comments