For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Inilah Tiga Kapal Selam Rusia Yang Dikhawatirkan Amerika

Kelas Yasen

Ditulis sebelumnya Komandan Angkatan Laut Amerika di Eropa, Laksamana James Foggo mengaku khawatir dengan bawah laut Rusia yang diperkuat oleh berbagai kapal selam baru canggih.

“Rusia telah memproduksi kapal selam kelas Dolgorukiy. Mereka telah memproduksi kapal selam kelas Severodvinsk. Mereka telah memproduksi kapal selam hybrid kelas Kilo baru,” tambah Foggo.

Tiga kapal selam secara khusus disebutkan yakni Dolgorukiy, Severodvinsk dan Improved Kilo. Bagaimana gambaran kemampuan dari tiga kapal selam ini? Mari kita bahas secara singkat satu per satu.

Lalu bagaimana sebenarnya kemampuan tiga kapal selam yang secara khusus mendapat perhatian dari Armada Pasifik Amerika yakni Kelas Yasen, Borei dan Antey? Kita bahas satu persatu dengan singkat.

Kapal Selam Severodvinsk
Kapal Selam Severodvinsk

KAPAL SELAM SEVERODVINSKĀ 

Disebut juga sebagai Kelas Yasen atau Proyek 885. Merupakan Kapal selam serangan dirancang untuk penggerebekan di jalur laut. Memiliki tingkat siluman tinnggi dan mereka beroperasi sama efektif dalam perang anti kapal selam dan anti kapal permukaan serta menyerang infrastruktur pesisir musuh. Kapal selam ini paling kuat dalam hal persenjataan.

Proyek 885 Yasen adalah respon Rusia untuk armada penuaan kapal selam kelas Akula. Kapal selam bertenaga nuklir akan menggantikan desain era Soviet dan kebutuhan Moskow akan kapal selam serangan yang mampu.

Kapal kelas Yasen pertama, Severodvinsk, bergabung dengan Armada Utara, yang berbasis di Severomorsk, pada tahun 2014. Sedangkan kapal selam kedua Kazan masuk layanan pada 2017.

Kapal selam kelas Yasen memiliki panjang lambung 111 meter dan perpindahan air sekitar 13.500 ton. Setiap kapal dapat membawa senjata yang dirancang untuk mencapai target darat, kapal permukaan dan kapal selam, yang memungkinkan kelas Yasen untuk melaksanakan berbagai misi.

 

Untuk melakukan operasi anti-kapal selam, kelas Yasen dilengkapi dengan delapan tabung peluncuran torpedo dan bisa menembakkan rudal rudal anti kapal selam supersonik P-800 Oniks. Rudal Oniks juga dapat digunakan sebagai senjata anti-kapal.

Untuk target di darat, kapal selam Yasen Kelas dapat meluncurkan rudal jelajah 3M51, yang mampu membawa hulu ledak nuklir danĀ  memiliki jangkauan 800 kilometer.

Sistem propulsi nuklir kuat kelas Yasen memungkinkan untuk lebih lebih cepat dibanding kapal selam sebelumnya. Kapal selam Proyek 885 dapat mencapai kecepatan 20 knot di permukaan dan 35 knot di dalam air. Kapal kelas Yasen dapat menyelinap lebih dari 600 meter di bawah gelombang, membuat mereka ancaman yang lebih kuat untuk lawan Rusia.

Delapan peluncur vertikal digunakan untuk senjata rudal. Lambung kapal selam terbuat dari baja berkekuatan tinggi rendah magnetik, yang memungkinkan kapal selam kelas ini untuk menyelam hingga kedalaman 600 meter, dua kali lipat dibanding kapal selam konvensional yang tidak lebih dari 300 meter dan membuatnya benar-benar diluar jangkauan semua anti sistem peperangan anti kapal selam.

Kapal selam ini memiliki kecepatan maksimum lebih dari 30 knot (60 km / jam). Menurut sumber terbuka, sebuah kapal selam Yasen seharga sekitar US$ 2,7 miliar.

NEXT
Facebook Comments