B-2 Spirit, Sulit Mencari Tandingan Kelelawar Siluman Seharga Rp18 Triliun Ini

Semua negara akan bergidik dengan pesawat ini. The B – 2 Spirit, sebuah boomber rakasa dengan kemampuan siluman dan daya gempur sangat ganas. Pesawat ini menjadi salah satu pesawat andalan Amerika. Negara ini juga sangat menjaga rahasia teknologinya, bahkan belum melepas untuk negera lain.

B-2 Spirit merupakan bomber multi peran yang mampu menggendong amunisi konvensional hingga nuklir . Pesawat ini disebut-sebut sebagai lompatan besar dalam tonggak modernisasi bomber AS.

b-2 1

B – 2 pertama kali ditampilkan di depan umum pada 22 November 1988 saat peluncuran di hanggar di Angkatan Udara Tanaman 42 , Palmdale , CA . Penerbangan pertama adalah pada tanggal 17 Juli 1989.

B-2 Spirit
B-2 Spirit

Seperti B – 52 Stratofortress dan B – 1B Lancer , B- 2 memiliki fleksibilitas dan efektivitas penetrasi yang merupakan unsur penting untuk pembom berawak . Karakteristik stealth memberikan kemampuan untuk menembus pertahanan musuh yang paling canggih dan mengancam target yang paling dihargai dan sangat membela. Dan ini dibuktikan dalam Perang Irak beberapa tahun lalu.

b-2

B – 2 memiliki sayap terbang sederhana daan kontur yang sangat halus. Memiliki sweepback dari 55 derajat dan ” W ” berbentuk trailing edge . Secara aerodinamis pesawat ini tidak stabil , terus di udara dengan fly – by-wire ( FBW ) sistem quadruple – berlebihan , di bawah kendali dari General Electric Penerbangan Kontrol Komputer ( FCC ) .

b-2

Salah satu keistimewaan pesawat ini adalah mampu mengangkut hingga 8 bom GBU-37, bom yang mampu menghancurkan bunker, atau perlindungan bawah tanah.

Fuel the Spirit

Harga per unit mencapai US$ 1,27 miliar atau sekitar Rp18, 4 triliun . Amerika hanya memiliki 20 unit saja

NEXT
Facebook Comments