For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Ada Anomali, Rudal Minuteman III Amerika Dihancurkan di Tengah Penerbangan

Rudal nuklir Minuteman III Amerika Serikat

Angkatan Udara Amerika dengan sengaja menjatuhkan rudal balistik antarbenua Minuteman III (ICBM) yang sedang terbang dalam pengujian yang dilakukan Selasa 31 Juli 2018 dari Vandenberg Air Force Base.

Global Strike Command dalam siaran persnya mengatakan langkah ini diambil karena kejadian tak terduga selama penerbangannya.

“Space Wing ke-30 menghentikan rudal balistik antar-wilayah Minuteman III yang tidak bersenjata di atas Samudera Pasifik pada pukul 04:42 siang waktu pasifik saat peluncuran uji coba dari Vandenberg Air Force Base, California,” kata siaran yang dilansir Defense Post, Selasa.

Rilis lebih lanjut mengatakan peluncuran tes dihentikan karena anomali, yang merupakan kejadian tak terduga selama tes.

Peluncuran tes membantu pos komando mengevaluasi Minuteman III dan mengumpulkan data untuk menjaga sistem tetap efektif

Peluncuran uji juga memungkinkan komando untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah apa pun yang ada pada sistem senjata untuk memastikan keandalan dan keakuratannya.

Angkatan Udara Amerika sedang membentuk tim untuk menyelidiki penyebab peluncuran tes yang gagal itu.

Pembatalan penerbangan dilakukan dengan menghancurkan rudal tersebut. Pembatalan dilakukan oleh sebuah tim yang disebut sebagai Mission Flight Control Officers (MFCO) atau sering diucapkan dengan “Miff-Coes.”  Mereka memiliki motto: “Track ‘Em or Crack ‘Em!”

Jika Minuteman III melintasi garis keamanan apa pun di peta, petugas di tim ini akan mengaktifkan sakelar yang meledakkan bahan peledak di sepanjang lipatan roket. Hal ini disebut “sending a function.”  Cara itu tidak akan menyebabkan ledakan, tetapi hanya akan akan memecahkan rudal sehingga bahan bakarnya langsung keluar sebelum menyala.  ICBM kemudian akan meluncur tanpa bahaya ke lautan

ICBM Minuteman secara teratur diuji dengan peluncuran dari Vandenberg yang mengirim re-entry vehicles tanpa senjata ke area target di tengah Pasifik untuk memeriksa kesiapan, keefektifan, dan keakuratan sistem persenjataan.

Peluncuran uji operasional terbaru dari rudal balistik antar-wilayah Minuteman III yang tidak bersenjata dilakukan pada 14 Mei. Minuteman juga diuji pada 25 April, setelah peluncuran Februari ditunda. Tes lain dilakukan Agustus lalu.

Minuteman III diperkenalkan pada tahun 1970.  Rudal ini dirancang untuk membawa tiga hulu ledak yang lebih kecil atau satu yang besar. Amerika diperkirakan memiliki sekitar 400 rudal ini dan berencana mempertahankan hingga 2030.

Facebook Comments