For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Kota Yang Disembunyikan Rusia dari Dunia

passportsymphony.com

5. Zheleznogorsk

Kota ini didirikan pada 1950 sebagai Krasnoyarsk 26 untuk produksi plutonium kelas senjata. Menurut beberapa sumber, kota ini memiliki fasilitas nuklir mirip film yang dibangun di dalam gua-gua di pegunungan granit yang mengelilingi kota.

Sebagian besar penduduk dipekerjakan oleh ISS Reshetnev. Sejak 1959, perusahaan ini merancang 27 sistem ruang angkasa yang berbeda dan mendirikan program GLONASS yang terkenal. Rusia menandatangani perjanjian dengan Amerika untuk menutup dua reaktor ADE-2 di Zheleznogorsk pada tahun 2010. Namun, kota itu tetap ditutup hari ini dan hanya sedikit yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di Zheleznogorsk.

passportsymphony.com

4. Mirny

Tersembunyi di hutan Taiga dari Arkhangelsk Oblast, Mirny adalah salah satu kota tertutup Rusia yang paling misterius. Nama kota itu berarti damai tetapi hampir pasti bahwa hal-hal yang terjadi di Mirny tidak ada hubungannya dengan menjaga perdamaian.

Mirny adalah salah satu dari sedikit kota di Rusia yang memiliki situs peluncuran rudal balistik dan kosmodrom sendiri. Tidak ada yang mendengar atau menyebut Mirny sebelum tahun 1983 dan kota ini masih tetap menjadi misteri bahkan hingga hari ini.

Mirny juga merupakan rumah bagi lubang buatan manusia terbesar kedua di dunia setelah Tambang Tembaga Birmingham di Utah.

passportsymphony.com

3. Shikhany

Kota ini baru saja dinyatakan dibuka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Shikhany didirikan pada 1928 sebagai kota tertutup, dibuka untuk umum pada tahun 1996 hanya untuk ditutup lagi pada tahun 1997 setelah Konvensi Senjata Kimia mulai berlaku.

Tidak ada yang benar-benar berbicara tentang Shikhany dan tempat ini tidak dikenal di barat sampai 2018 ketika mantan agen Rusia yang membelot ke Inggris Sergei Srkipal keracunan Novichok yang konon diproduksi di kota ini. Menurut London, sumber agen saraf yang digunakan dalam insiden ini diciptakan di Shikhansky.

Kota ini diyakini menyembunyikan penyimpanan zat racun militer dalam jumlah besar, yang dimiliki oleh Lembaga Penelitian Ilmiah dan Radiasi dan Pertahanan Kimia. Semua ini menjadikan Shikhany  sebagai salah satu kota tertutup paling misterius di Rusia.

passportsymphony.com

2. Sarov

Sarov pernah dikenal sebagai tuan rumah beberapa tempat tersuci Gereja Ortodoks Rusia. Saat ini, kota ini adalah salah satu pusat terbesar Rusia untuk penelitian nuklir. Pada tahun 1920 semua biara ditutup dan para biarawan dieksekusi.

Sejak 1923, bangunan biara-biara digunakan sebagai pabrik untuk memproduksi roket. Sarov dikelilingi oleh pagar listrik berduri ganda dan patroli militer kota sepanjang waktu. Orang asing dan bahkan orang Rusia tidak diizinkan memasuki kota tanpa izin. Namun, meskipun Anda mendapatkannya, Anda harus menyerahkan paspor, ponsel, dan kamera Anda sebelum masuk.

passportsymphony.com

1. Znamensk (Kapustin Yar-1)

Znamensk didirikan pada 1948 sebagai fasilitas uji rudal, dengan nama Kapustin Yar. Beberapa peluncuran roket dan satelit uji dilakukan di lokasi tersebut selama bertahun-tahun. Akhirnya, Kapustin Yar menjadi kosmodrom pada tahun 1966 dan seperti kota-kota lain di daftar ini, kota itu tidak ditampilkan di peta sampai tahun 1990-an.

Ada banyak hal yang membuat Znamensk menjadi kota paling misterius di Rusia dan salah satunya adalah penghancuran UFO yang terjadi pada 1950-an. Beberapa bahkan berpendapat bahwa insiden ini memungkinkan Rusia untuk merancang Sputnik dan mencapai keunggulan awal dalam Space Race.

Kisah ini dirahasiakan dan baru belakangan ini diketahui oleh media.  Hal ini membuat Kapustin Yar dikenal sebagai Roswell Rusia. Namun, perhatikan bahwa ini bukan satu-satunya misteri yang terjadi di Znamensk, tetapi hanya satu-satunya yang diketahui publik. Fungsi situs terputus setelah jatuhnya Uni Soviet tetapi mulai berfungsi lagi pada tahun 1998.

Facebook Comments