For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Kota Yang Disembunyikan Rusia dari Dunia

Selama era sosialis, Uni Soviet memiliki banyak kota tertutup yang tersembunyi tidak hanya dari mata-mata musuh tetapi juga dari rakyatnya sendiri. Kota-kota ini bahkan tidak ditampilkan di peta hingga 1993, tetapi ada ribuan orang yang tinggal di dalamnya. Sebagian besar kota-kota Rusia yang tertutup ini dikeluarkan dari rute kereta api dan bus dan hanya diketahui dengan kode pos mereka, yang terdiri dari nama dan nomor.

Dalam beberapa kasus, orang-orang yang tinggal di kota-kota ini diberi izin untuk keluar masuk kota, tetapi hidup mereka sama rahasia dengan agen KGB. Mereka tidak diizinkan membagikan alamat mereka dengan keluarga mereka serta tidak membicarakan tentang hal-hal yang terjadi di sana. Sebagai imbalan atas kebisuan mereka, para penghuni diberi imbalan jaminan kesehatan yang baik, pekerjaan terjamin, dan apartemen pribadi.

Saat ini, sebagian besar bekas kota tertutup telah dibuka lagi untuk umum tetapi ada beberapa dari mereka yang masih tersembunyi. Diperkirakan hari ini, ada sekitar 40 kota tertutup di Rusia dan lebih dari 1,5 juta orang tinggal di dalamnya.

Jika Anda ingin mengunjungi kota tertutup, Anda harus mendapatkan izin khusus dari layanan keamanan dan mendapatkannya tidak mudah. Izin sebagian besar disediakan untuk kerabat orang yang tinggal di kota-kota ini atau orang dari kota yang bepergian untuk bekerja.

Berikut 10 kota tertutup paling terkenal yang ingin disembunyikan oleh Rusia dari dunia.

passportsymphony.com

 

10. Seversk

Seversk dibangun pada tahun 1954 untuk pembangunan Siberian Chemical Combine. Tujuan utama kompleks ini adalah produksi senjata nuklir. Saat ini, plutonium masih diproduksi di Seversk tetapi kabarnya tidak digunakan untuk senjata nuklir. Pada tahun 1993, kota ini mengalami ledakan nuklir dan pada tahun 1997, Rusia memutuskan untuk menutup sebagian besar reaktor penghasil plutonium di Seversk, menyusul kesepakatan dengan Amerika Serikat.

Meskipun demikian, hari ini kota ini masih tertutup untuk non-penduduk. Terlebih lagi, pengunjung tidak diizinkan untuk bergerak di sekitar kota dengan bebas karena ada beberapa pos pemeriksaan di mana mereka harus menunjukkan dokumen masuk. Izin hanya diberikan kepada orang yang memiliki kerabat di Seversk atau orang yang bepergian ke kota untuk bekerja.

passportsymphony.com

9. Vilyuchinsk

Vilyuchinsk adalah kota terpencil Rusia di salah satu daerah paling terpencil di negara ini yakni Kamchatka. Kota ini dikenal untuk pembangunan kapal selam nuklir dan telah menjadi skuadron Armada Pasifik Rusia sejak 1930-an. Pangkalan angkatan laut seharusnya ditutup pada tahun 2003 karena kurangnya dana tetapi tampaknya masih terus beroperasi dan bahkan dimodernisasi pada akhir 2000-an.

Menurut beberapa sumber, kota ini juga menyembunyikan terowongan rahasia yang dapat berfungsi sebagai tempat persembunyian tahan nuklir untuk kapal selam Armada Laut Pasifik. Tak perlu dikatakan, izin khusus adalah suatu keharusan bagi orang-orang yang ingin mengunjungi Vilyuchinsk.

passportsymphony.com

8. Zarechny

Zarechny sering digambarkan  sebagai kota yang masih ada dalam kapsul waktu kehidupan Soviet. Sebagian besar penduduk tinggal di dekat tempat kerja mereka yakni pabrik nuklir utama di Zarechny, yang dimiliki oleh Rosatom, sebuah perusahaan milik negara yang mengkhususkan diri dalam energi nuklir. Gaji di kota tidak tinggi tetapi harga murah, pekerjaan dijamin dan pemerintah menyediakan program sosial untuk membuat penduduk setempat senang.

Meskipun demikian, peningkatan jumlah anak muda saat ini ingin meninggalkan kota semakin tinggi, tetapi tetap tidak diizinkan. Alasannya tidak diketahui. Apa sebenarnya yang diproduksi di Zarechny, tidak ada yang benar-benar tahu .

passportsymphony.com

7. Norilsk

Norilsk adalah kota paling utara yang memiliki lebih dari 100.000 penduduk dan mungkin kota paling terkenal di daftar ini. Tidak ada jalan beraspal, tidak ada jalan kereta api yang mengarah ke kota dan satu-satunya jalan keluar adalah bandara atau pelabuhan 40 mil jauhnya dari kota yang membeku di musim dingin yang berlangsung selama 9 bulan.

Norilsk adalah kompleks metalurgi dan pertambangan terbesar di dunia. Ini juga merupakan kota paling tercemar di Rusia dengan polusi 2 juta ton belerang dioksida setiap tahun. Hal membuat harapan hidup di Norilsk 10 tahun lebih rendah dari rata-rata Rusia.

Norilsk telah menjadi kota tertutup sejak tahun 2001 dan diyakini bahwa alasannya adalah adanya depot rudal antabenua, operasi penambangan rahasia, dan cadangan mineral besar kota. Satu-satunya cara untuk memasuki Norilsk adalah dengan mendapatkan izin dari FSB, sebuah agensi yang menggantikan KGB.

passportsymphony.com

6. Ozyorsk

Dari luar, Ozyorsk tampak seperti kota Eropa modern. Bangunan megah, rsitektur yang menarik, dan permukaan hijau adalah bagian utama dari kota. Hal-hal yang membuatnya berbeda adalah radiasi dan kawat berduri mengelilingi kota

Ozyorsk adalah produsen plutonium utama untuk Soviet Rusia sejak 1947 ketika dibangun di bawah nama Kota 40. Kota ini selalu memiliki suasana tertutup, seperti kultus di antara 15.000 penduduk yang secara efektif terputus dari seluruh negara dan dunia.

Selama era Soviet, kota ini selamat dari ledakan penyimpanan nuklir yang empat kali lebih beracun daripada yang ada di Chernobyl. Namun, pihak berwajib melakukan pekerjaan besar untuk menutupi insiden tersebut. Itu sebabnya ledakan ini tidak diketahui oleh media sampai baru-baru ini. Hari ini, lebih dari 90.000 orang masih tinggal di kota tertutup ini hari ini, terisolasi dari bagian dunia lainnya.

NEXT

Facebook Comments