8 Penyerbuan Yang Gagal dan Berakhir Mengerikan

invasi midway

Invasi Midway Jepang 1942

Pada musim panas 1942, Adm. Yamamoto Isoroku berusaha untuk menarik kapal induk Amerika ke dalam perangkap dengan menyerang Midway Atoll, sebuah pulau AS di dekat Hawaii.

Tapi Angkatan Laut AS telah tahu rencana Jepang dan melakukan taktik serangan mereka sendiri. Dalam pertempuran yang 4 Juni 1942, Jepang kehilangan empat kapal induk yang terlibat dalam pertempuran dan penjelajah berat sementara AS kehilangan satu kapal induk. Pertempuran itu menjadi titik kritis dalam keseluruhan teater Pasifik di Perang Dunia II.

invasi kanada

Invasi AS ke Kanada 1775

Dalam serangan besar pertama, Angkatan Darat Kontinental mengirim dua kekuatan utama untuk mengambil Quebec. Keberhasilan awal diikuti oleh bencana pengepungan Kota Quebec. Satu jenderal tewas dan lainnya terluka sebelum mereka mundur tergesa-gesa.

zulu

Invasi Inggris ke Zululand 1879

Invasi Inggris ke Zululand pada tahun 1879 mengalami kekalahan besar hanya kurang dari dua minggu ketika Jenderal Frederic Thesiger yang memimpin pasukan menyerang apa yang mereka yakini menjadi kekuatan utama Zulu. Tetapi ternyata mereka salah. Kekuatan utama Zulu yang sebenarnya justru sedang mengelilingi kamp mereka dan akhirnya membunuh lebih dari 1.300 dari sekitar 1.750 prajurit sebelum menghancurkan persediaan militer. Inggris terpaksa mundur tapi kemudian menggelar invasi baru yang yang sukses pada Juli.

invasi finland

Invasi Soviet ke Finlandia 1939

Meskipun Soviet meraih kemenangan dalam Perang Musim Dingin dari 1939-1940, tetapi masuk ke Finlandia adalah bencana. Sebanyak 450.000 Soviet dengan sekitar 4.000 pesawat dan 6.000 tank dan kendaraan lapis baja dihentikan oleh 180.000 tentara Finlandia yang mengoperasikan 130 pesawat usang dan 30 kendaraan lapis baja.

Pasukan ski dari Finlandia yang sangat mobile menggunakan kamuflase salju sangat efektif dalam memecah formasi Soviet. Soviet akhirnya menang tapi dengan korban hampir 130.000 jiwa dengan 270.000 tentara lain terluka dan ditangkap.

Facebook Comments

Translate »