For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Su-57 Vs F-22 Vs F-35, Murah Mana?

Su-57 / TASS

Sejumlah sumber terbuka menyebutkan harga jet tempur F-22 Raptor mencapai US$ 146,2 juta atau sekitar Rp2,1 triliun. Sementara F-35 dalam kisarann US $ 83 juta hingga US$ 108 juta (sekitar Rp1,2 triliun hingga Rp1,5 triliun). Pertanyaannya berapa harga Su-57? Apakah lebih murah atau lebih mahal.

Jika mengacu pada pernyataan anggota parlemen Rusia Vladimir Gutenev, yang merupakan anggota panel industri penerbangan Duma maka jet tempur siluman Rusia ini akan jauh lebih murah.

Pesawat jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia bahkan akan dua setengah kali lebih murah daripada jet tempur F-35 Lockheed Martin F-35 dan pesawat tempur siluman F-22,

F-22

“Jet tempur generasi kelima tidak diragukan lagi bersaing dengan F-22 AS dan F-35, tetapi jauh lebih murah meskipun memiliki karakteristik yang serupa, sementara dalam beberapa aspek, misalnya, kemampuan manuver lebih baik daripada jet Amerika,” kata Gutenev kepada Sputnik Kamis 5 Juli 2018.

Gutenev mencatat bahwa empat Su-57 telah diuji dalam pertempuran selama operasi anti-teroris di Suriah.

“Saat empat pesawat Su-57 kami di Suriah memungkinkan kami untuk mendapatkan informasi tambahan tentang kemampuan pesawat ini untuk mendeteksi [menggunakan sistem komunikasi] pesawat F-22 dan F-35 Amerika yang beroperasi di wilayah udara yang sama,” kata Gutenev.

F-35 Inggris / RAF

Su-57 adalah jet tempur superioritas udara siluman yang dikembangkan oleh JSC Sukhoi Company. Penerbangan perdana jet itu dilakukan pada tahun 2010. CEO United Aircraft Corporation Rusia Yuri Slyusar mengatakan bahwa kelompok pertama Su-57 dapat mulai beroperasi pada 2019.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menekekn kontrak untuk pembelian 12 pertama dari jet tempur tersebut.

 

Facebook Comments