For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tiga Negara Adu Cepat Membangun Kekuatan Kapal Selam, Siapa Yang Unggul?

Kelas Ohio

Kapal Selam Rudal Balistik

SSBN, atau boomer, bersembunyi di lautan dan dapat meluncurkan rudal balistik nuklir pada musuh di mana pun di dunia bahkan jika sisa triad nuklir sebuah negara di darat dan udara dihancurkan. Mereka adalah penjamin dari kehancuran yang paling meyakinkan dalam hal perang nuklir.

Beberapa analis mengatakan bahwa boomer ini akan semakin penting untuk strategi keamanan nasional ketiga negara dalam dekade mendatang.

“Tidak ada prioritas yang lebih tinggi untuk Angkatan Laut Amerika daripada rekapitalisasi SSBN,” kata J.D. Williams, pensiunan kolonel Korps Marinir dan peneliti pertahanan senior di RAND Corporation.

Dia mengatakan SSBN memainkan peran utama dalam pembuatan keputusan besar-besaran Angkatan Laut.

Amerika Serikat sedang membangun SSBN kelas Columbia untuk menggantikan kelas Ohio, dan Angkatan Laut Amerika berharap kapal pertama akan selesai pada tahun 2027. Menurut General Dynamics, kontraktor kapal selam Amerika, US Navy harus memiliki 12 boomer Kelas Columbia pada tahun 2040-an.

Kelas Borei

Sementara itu, Rusia mengharapkan untuk menyelesaikan empat kapal selam Borei-II pada tahun 2025, dan China akan mulai membangun kapal selam Type 096 dalam beberapa tahun, yang keduanya akan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 30 knot – atau sekitar 10 knot lebih cepat daripada Kelas Columbia.

Sementara Amerika Serikat paling fokus pada penghematan seumur hidup dari reaktor inti nuklir Kelas Columbia, untuk Rusia  kecepatan, dan stealth generasi adalah kunci.

“Saat ini, kapal selam Amerika masih lebih tenang, jadi saya tidak terkejut melihat Rusia dan China mencoba menutup kesenjangan itu,” kata Bradley Martin, peneliti kebijakan senior di RAND dan seorang pensiunan kapten Angkatan Laut. “Amerika sudah berada di tingkat kebisingan latar belakang, dan Anda tidak bisa jauh lebih tenang dari itu.”

Perbandingan kekuatan angkatan laut Amerika, China dan Rusia

Facebook Comments